√ Mulut Kucing Bau dan Tidak Mau Makan

Assalammualaikum Wr. Wb. Selamat pagi semua para pecinta kucing sedunia. Saya pengasuh kucing di website RumahKucing.Co.Id yang akan membagi tips-tips pada kalian untuk merawat, kasih makan, kasih vitamin, memandikan dan-lain-lain. Nah, disini saya akan membagikan buat anda dirumah dengan pembahasan materi “Mulut Kucing Bau“. Berikut dibawah ini penjelasan materinya, Check This Out…

Penyebab-Mulut-Kucing-Bau-dan-Tidak-Mau-Makan

Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang paling ramah di dunia, sehingga banyak orang memilih untuk menjadikan hewan ini sebagai teman dalam berbagai kegiatan. Di sisi lain, kucing juga merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang dapat dengan mudah dilatih.

Tetapi ketika kucing ini sangat dekat dengan Anda, perawatan dan pemeliharaan harus dilakukan dengan benar agar tetap terjaga dan bersih. Salah satu hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah mulut kucing berbau dan tidak mau makan.


Penyebab

Berikut ini terdapat beberapa penyebab mulut kucing bau, terdiri atas:


1. Usia dan penyakit

Ketika usia kucing sudah tua, masalah jenis ini mungkin sering terjadi karena kondisi tubuh yang sebenarnya tidak lagi cocok. Namun ada juga riwayat penyakit yang ia derita sejak kecil, seperti virus, calicivirus dan banyak lagi.

Hal-hal seperti itu bisa sangat sulit diatasi jika pemeliharaan rutin tidak dilakukan, terutama jika kondisinya sudah tua. Membersihkan gigi kucing adalah salah satu langkah wajib yang harus diambil untuk menjaga kesehatan mulut.

Artikel Terkait:  √ Penyakit Pioderma Pada Kucing

2. Makanan yang salah

Salah satu penyebab bau mulut kucing adalah nutrisi yang tidak tepat. Makanan basah seperti daging mentah tidak dianjurkan untuk kucing. Karena bisa menempel dan sisa-sisa daging di mulut Anda bisa berbau tidak sedap.


3. Infeksi tartar dan gusi

Jelas, kehadiran karang gigi menyebabkan bau yang tidak enak muncul di mulut kucing, terutama untuk infeksi gusi di mana kucing tidak lagi memiliki nafsu makan karena sakit makan sesuatu.

Beberapa kasus serius sampai-sampai ada kucing peliharaan yang mengeluarkan nanah dan sejenisnya dari mulut mereka. Dan jika kucing ini memiliki penyakit mulut jenis apa pun, bawalah ke dokter untuk dirawat segera.


4. Penyakit ginjal

Penyakit ginjal yang terjadi pada kucing seringkali menjadi penyebab pelepasan urea atau amonia. Dimana ini nantinya menembus pembuluh darah dan menyebabkan bau mulut pada kucing. Jika opsi ini tidak diaktifkan, kucing dapat mati dengan sendirinya.


5. Diabetes dan penyakit hati

Kucing diabetes juga dapat mempengaruhi bau mulut, dan bahkan masalah hati dapat memengaruhi saluran udara kucing. Dan terkadang, ketika kondisinya tidak begitu baik, nafsu makan juga berkurang, sehingga harus ditangani dengan cepat.


Cara Mengatasi

Berikut ini terdapat 3 cara untuk mengatasi mulut kucing bau, antara lain:


1. Berikan antibiotik

Langkah pertama yang bisa dilakukan jika mulut kucing berbau dan tidak mau makan adalah memberi antibiotik. Karena kondisi tubuh kucing mungkin lemah, ia menjadi terabaikan dan nafsu makannya juga berkurang.

Namun, antibiotik ini tidak dapat diberikan secara sewenang-wenang, tetapi harus dilakukan dengan rekomendasi dan resep dokter sehingga tidak ada overdosis yang benar-benar memengaruhi kucing.


2. Bersihkan karang gigi

Dan langkah selanjutnya adalah pembersihan karang gigi. Jika terlalu ketat, hanya dokter hewan yang disarankan. Tetapi jika masih cukup lunak, Anda bisa membersihkannya secara teratur dengan sikat gigi.

Artikel Terkait:  √ Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

3. Beri obat

Jika ya untuk masalah bau mulut dalam kondisi parah akibat obat dalam, Anda mungkin dapat memberikan obat sesuai dengan rekomendasi dokter. Ini adalah langkah terbaik yang bisa diambil.

Sekali lagi dengan nafsu makan, di mana Anda dapat menggunakan berbagai cara untuk membuat nafsu makan kucing sederhana dan mudah. Inilah cara Anda dapat mendukung kesehatan kucing jika mendapatkan obat yang tepat.


Pencegahannya

Berikut ini terdapat beberapa cara untuk mencegah terjadinya mulut kucing bau, yakni:


1. Perhatikan jenis makanannya

Jelas untuk berhati-hati bahwa kucing tidak memiliki mulut bau dan menjaga nafsu makan mereka terjaga, .Perhatikan jenis pakan. Jika apa yang dikonsumsi aman dan menarik bagi kucing, itu jelas mulus dan sehat.

Memang, seperti daging mentah, ikan mentah itu menyenangkan, tetapi tidak dianjurkan sama sekali karena dapat memengaruhi kesehatan dan kebersihan kucing itu sendiri. Dan setidaknya berikan vitamin kucing agar mereka memiliki nafsu makan agar tetap terjaga setiap beberapa hari.


2. Selalu beri air bersih untuk diminum

Seperti makhluk hidup lainnya di rumah, di mana hewan peliharaan juga perlu disuplai dengan air bersih. Ini untuk mencegah bakteri masuk ke mulut atau bahkan tubuh kucing, yang dapat menyebabkan bau mulut dan nafsu makan berkurang.

Sebagai majikan, penting bagi pekerjaan Anda untuk selalu memeriksa keadaan air minum yang tersedia di kandang atau tempat kucing bermain agar tetap bersih dan untuk menghindari berbagai jenis kuman berbahaya yang membahayakan kesehatannya.


3. Biasakan menyikat gigi

Sebenarnya, menyikat gigi kucing pada awalnya akan sulit, tetapi jika mereka dilatih dan dilakukan secara rutin, itu jelas akan menjadi kebiasaan sehingga mereka tidak akan memberontak lagi. Selain itu, ini juga salah satu langkah untuk mengobati bau mulut pada kucing secara alami dan mudah.

Artikel Terkait:  √ Cara Menyilangkan Warna Kucing

Ini adalah beberapa masalah yang terkait dengan bagaimana menangani pencegahan mulut kucing yang bau dan tidak mau makan, yang dapat dilakukan ketika kucing peliharaan muncul dengan cara ini. Lakukan ini segera jika ada masalah sehingga nanti tidak ada masalah yang lebih serius.


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “5 Penyebab Mulut Kucing Bau dan Tidak Mau Makan

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Baca Artikel Lainnya: