√ Cara Mengatasi Ringworm Pada Kucing

Assalammualaikum Wr. Wb. Selamat pagi semua para pecinta kucing sedunia. Saya pengasuh kucing di website RumahKucing.Co.Id yang akan membagi tips-tips pada kalian untuk merawat, kasih makan, kasih vitamin, memandikan dan-lain-lain. Nah, disini saya akan membagikan buat anda dirumah dengan pembahasan materi “Ringworm“. Berikut dibawah ini penjelasan materinya, Check This Out…

Cara-Mengatasi-Ringworm-Pada-Kucing

Apakah kucing Anda terlalu sering menggaruk tubuhnya? atau kepalanya botak? Awasi sesama kucing Anda. Jika Anda memperhatikan hal ini, kemungkinan kucing Anda terinfeksi penyakit yang disebut kurap. Ini adalah penyakit yang disebabkan oleh jamur yang hidup di bulu dan kulit kucing.

Penyakit Kurap pada kucing juga memiliki potensi bagi orang untuk berteman, meskipun kemungkinannya kecil dan bukan penyakit serius. Meskipun demikian, sebagai pemilik kucing, kita perlu mengenali penyakit ini dan memahami bagaimana kita bisa mengatasinya. Penjelasan lengkap dapat ditemukan di artikel berikut, 10 Cara untuk Mengatasi Kurap pada Kucing.


Cara Mengatasi Ringworm Pada Kucing

Berikut ini terdapat beberapa cara mengatasi ringworm pada kucing antara lain:


1. Memahami gejalanya

Dalam kurap pada kucing, gejala yang berasal dari tubuh dapat diamati secara langsung, yaitu pengelupasan kulit di kepala sehingga terlihat agak botak dan bagian depan tubuh kucing berada di luar perut, misalnya. Di bagian tengah ada warna kemerahan dan kulit yang menipis.

Artikel Terkait:  √ Cara Mengatasi Cacing Pita Pada Kucing

Secara umum, kucing yang rentan terhadap penyakit ini berusia lebih muda dari 1 tahun, tetapi tidak mengesampingkan bahwa kucing dari segala usia dan ras dapat diserang, terutama yang memiliki bulu panjang atau tebal atau dalam cuaca ekstrem dan dengan sistem kekebalan yang lemah.


2. Kebersihan tubuh dan lingkungan

Jamur dapat menyebar luas dan mudah jika berada di lingkungan atau di tubuh yang kotor. Untuk mencegah penyakit ini memburuk atau menyebar ke hewan dan makhluk hidup lainnya, Anda harus benar-benar membersihkan kandang kucing dan daerah sekitarnya. Jangan menaruh banyak kucing di kamar. Berikan kucing tempat yang istimewa.


3. Sirkulasi udara

Pasang AC dan pastikan kondisi fisik kucing dan sekitarnya tidak lembab. Sediakan ruangan yang dapat ditembus sinar matahari dan memiliki sirkulasi udara yang baik, karena ini dapat mengurangi risiko penyebaran. Pastikan tubuh kucing selalu kering dan bersih.


4. Berikan sampo antijamur

Jika Anda curiga kucing Anda memiliki kurap, lebih baik segera bawa ke dokter hewan. Secara umum, dokter hewan menyediakan sampo khusus, yang merupakan antijamur yang dapat membunuh jamur dan mencegah penularan. Shampo mengandung antiseptik dan kadang-kadang kulit kucing terasa agak sakit, tetapi ini adalah perawatan terbaik untuk pemulihan.


5. Salep anti jamur

Tanyakan dokter hewan Anda tentang salep antijamur khusus untuk kucing. Jangan beri salep antijamur manusia, teman, karena kadang terasa sangat panas dan sakit di kulitnya. Berikan salep dan distribusikan secara merata sesuai dosis yang diberikan oleh dokter hewan. Secara umum, Anda juga bisa mendapatkan antibiotik oral untuk mempercepat penyembuhan.


6. Mencegah transmisi

Kurap pada kucing adalah penyakit menular. Ambil tindakan pencegahan untuk menghindari menginfeksi kucing lain. Cara terbaik adalah memastikan perawatan yang direkomendasikan oleh dokter hewan dan memastikan kebersihan dengan membersihkan tempat tidur kucing dan mainan dengan disinfektan.

Artikel Terkait:  √ Cara Merawat Kucing Persia Umur 2 Bulan

Buang barang yang tidak dibersihkan, mis. B. Karpet dengan karpet. Bersihkan juga rumah Anda dengan disinfektan dan bersihkan semua rambut kucing atau serpihan kulit kucing. Jika memungkinkan, kulit kucing dikupas karena jamur kurap dapat hidup di bulu kucing yang terbuang atau rontok dari kulit.


7. Mandikan secara teratur

Kucing dengan kurap tidak berarti mereka tidak dimandikan, mereka harus dicuci karena kebersihannya wajib. Cuci dengan air hangat dan sampo khusus dan keringkan bulunya segera setelah mandi. Jangan biarkan situasi menjadi basah untuk waktu yang singkat.


8. Vitamin alami dan asupan makanan

Sinar matahari mengandung vitamin D alami, yang baik untuk kesehatan kucing serta untuk kulit dan bulu. Keringkan kucing dengan kurap di bawah sinar matahari pagi yang hangat dan pastikan area pengeringan bersih, lembab dan bebas dari debu atau kotoran. Keringkan selama sekitar 10 hingga 15 menit untuk membuat tubuh terasa hangat, mengurangi rasa gatal, dan membuat Anda merasa bugar.

Berikan kucing sakit seperti vitamin B kompleks dengan vitamin yang baik dan memastikan nutrisi yang sempurna, makanan sehat dan banyak air. Jangan biarkan mengering karena ini mengurangi kadar air pada kulit dan kulit tidak dapat melawan penyakit karena stamina berkurang.


9. Mencegah kucing dari menggaruk

Cegah kucing agar tidak menggaruk secara teratur dengan memberikan salep anti jamur. Jika mereka terus menggaruk, dikhawatirkan mereka akan menyebabkan luka dan kulit mereka akan terasa sakit. Mengalihkan perhatiannya dengan hal-hal lain, seperti mainan yang tidak mudah menempel pada bulu, atau memberinya tempat khusus di mana Anda dapat beristirahat dengan nyaman dan dilindungi dari panas yang membuat kulit Anda gatal.

Artikel Terkait:  √ Cara Mengatasi Sembelit Pada Kucing

Cara menangani kurap pada kucing tentu akan menyesuaikan tingkat keparahan yang mereka alami. Jika Anda benar-benar mengalami kesulitan merawatnya di rumah, karena takut komunikasi atau karena alasan lain, tidak apa-apa untuk membawanya ke dokter hewan yang memiliki klinik yang memadai dan kualitas yang terjamin dan minta dia dirawat di sana sampai dia sembuh karena tempat Dokter hewan umumnya sangat bersih dan mendukung proses pemulihan.


10. Kesehatan dan keselamatan pemilik

Jangan lupa untuk menjaga diri sendiri, karena seperti yang kami jelaskan, kurap dapat menyebar ke orang, jadi Anda harus berhati-hati. Gunakan sarung tangan saat menyentuh dan jangan lupa untuk mencuci tangan dengan air bersih dan sabun setiap kali sebelum dan sesudah menyentuhnya sehingga Anda aman dan bebas dari kontraksi.

Demikian artikel ini. Semoga bermanfaat bagi siapa saja yang telah membaca. Jangan lupa untuk selalu membaca artikel di situs web kami sehingga Anda selalu memiliki pengetahuan luas tentang dunia hewan dan hewan peliharaan. Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa di artikel selanjutnya. Salam ^^


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “10 Cara Mengatasi Ringworm Pada Kucing Wajib Diketahui

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Baca Artikel Lainnya: