Tips Simpel dan Mudah Mengatasi Overhet pada Laptop

Laptop yang Anda gunakan setiap hari sering mengalami overheat atau kepanasan? Sebaiknya Anda jangan mengabaikannya karena overheat pada laptop dapat mengakibatkan laptop Anda cepat rusak.

Berikut adalah tips simpel dan mudah untuk mengatasi overhet pada laptop kesayangan Anda.

 

Gunakan Kipas

Umumnya setiap laptop memiliki kipas pendinginnya masing-masing di dalam laptop. Namun seringkali dalam kondisi tertentu, pendingin dari dalam laptop tersebut kurang, saat itulah Anda membutuhkan kipas pendingin tambahan.

Selian menggunakan kipas pendingin, Anda juga harus memastikan kipas pendingin di dalam laptop Anda berjalan dengan normal.

Nonaktifkan Mode Otomatis Aplikasi

Beberapa aplikasi biasa berjalan otomatis, Anda bisa melihatnya saat menyalakan laptop. Matikan mode otomatis dari beberapa aplikasi yang tidak Anda butuhkan. Cara ini dapat membuat RAM laptop Anda bekerja lebih ringan.

Pada Windows 10, buka task manager kemudian pilh setting kemudian pilih menu startup dan nonaktifkan mode otomatis pada aplikasi yang tidak Anda butuhkan.

Perhatikan Suhu Sekitar Laptop

Nyatanya laptop yang panas tidak hanya ditentukan berdasarkan penggunaan tetapi tempat dimana Anda menggunakan laptop tersebut.

Hindari cahaya matahai langsung agar laptop Anda tidak terkena panas sinar matahari. Selain itu gunakan laptop pada ruangan yang memiliki sirkulasi udara baik agar udara panas dari ruangan dan laptop bisa keluar.

Cooling sistem laptop hanya didesain untuk mendinginkan laptop dari dalam, karenanya Anda harus memperhatikan panas yang berasal dari luar laptop.

Matikan Laptop

Jika laptop Anda mengalami overheat, segera matikan laptop. Cara ini adalah cara yang sangat mudah dan cepat untuk membuat suhu laptop Anda kembali normal.

Artikel Terkait:  Cara Mengatasi Masalah Smartphone yang Sering Mati Sendiri

Nyalakan kembali setelah laptop Anda benar-benar dingin.

Cara ini sangat berbeda dengan restart karena restar tidak mendinginkan laptop, restart hanya mengembalikan laptop Anda pada proses awal.

Update Software

Software dan OS yang telah usang atau melewati masa update biasanya menguras memori saat menjalankannya. Oleh sebab itu dengan mengupdate software dan OS akan membantu meringankan kerja laptop Anda.

Mengupdate software juga dapat menghilangkan bug yang mungkin saja terjadi pada software Anda.

Selain software dan OS, Anda juga perlu untuk mengupdtae driver secara berkala agar laptop Anda selalu berjalan dalam keadaan normal.

Letakkan Laptop pada Permukaan Datar

Jangan meletakkan laptop pada permukaan yang tidak rata seperti selimut, bantal ataupun pangkuan Anda karena dapat menganggu jalannya sirkulai udara pada laptop Anda. Hawa panas akan berkumpul pada bagian dalam laptop dan membuat laptop semakin cepat mengalami kerusakan.

Aktifkan Mode Power Saver

Mode power saver atau hemat daya akan membantu mencegah laptop Anda mengalami overheating. Meskipun car aini tidak seefektif cara lainnya, namun dengan menggunakan mode power saver, baterai yang digunakan laptop Anda akan dibatasi sehingga memperlambat laptop Anda mengalami overheat.

 

Mencegah laptop mengalami overheat adalah cara sederhana untuk menjaga performa laptop Anda. Merawat laptop dengan baik juga akan menghindari Anda dari hal=hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan komponen atau laptop secara keseluruhan. -ge