Tips Sederhana Membeli Laptop Sesuai Kebutuhan

Laptop adalah perangkat penting yang banyak digunakan baik untuk produktifitas kerja maupun belajar. Laptop juga memiliki keunggulan mobilitas dimana perangkat tersebut dapat digunakan dimana saja dan kapan saja.

Pesatnya perkembangan teknologi membuat perangkat laptoppun semakin berkembang. Ditengah banyaknya jenis, tipe, fitur hingga spesifikasi laptop seringkali membuat beberapa orang kebingungan untuk memilih laptop yang cocok

Berikut adalah tips sederhana untuk memilih laptop agar Anda tidak salah beli

Pertimbangkan Budget

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat memilih laptop adalah menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Dengan menyesuaikan budget yang Anda miliki Anda akan dapat terfokus untuk memilih laptop sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Anda juga dapat meminimalisit pengeluaran tambahan yang belum tentu Anda perlukan.

Sistem Operasi

Di pasaran banyak jenis sistem operasi (OS) yang beredar, namun pada umumnya ada tiga jenis OS yang biasa digunakan yaitu Windows, MacOs dan ChromeOs.

Software pada laptop sangat bergantung pada sistem operasi yang Anda gunakan oleh sebab itu memilih operasi sistem yang tepat harus dilakukan.

Layar

Layar laptop memiliki berbagai variasi ukuran yaitu 13 hingga 18 inc. Selain itu resolusi dari laptop pun sangat beragam seperti FULL HD (1920×1080), WXGA (2560×1600) hingga 4K Ultra HF (3840×2160). Tentunya semakin besar ukuran dan resolusi maka semakin mahal laptop tersebut.

Pilihlah sesuai dengan kebutuhan penggunaan laptop Anda dan sesuaikan juga dengan budget yang Anda miliki.

CPU dan GPU

CPU atau biasa disebut prosesor adalah bagian terpenting dari sebuah laptop. Pertimbangkan aktivitas penggunaan laptop Anda sehingga Anda bisa menentukan jenis prosesor apa yang Anda butuhkan.

Artikel Terkait:  Langkah mudah dan aman membersihkan laptop

Sedangkan GPU (Graphics Processing Unit) atau biasa disebut kartu grafis perlu Anda pertimbangkan sebab jika Anda menggunakan laptop Anda untuk kepentingan multimedia atau penggunaan grafis tingkat tinggi maka Anda membutuhkan GPU yang kencang.

RAM

Random Access Memory atau biasa disingkat RAM adalah komponen yang berperan dalam menjalankan proses multitasking aplikasi. Pilihlah RAM yang besar seperti 8GB dan pilih laptop yang memiliki slot tambahan untuk RAM agar suatu saat jika perlu RAM lebih Anda hanya perlu menambahkannya.

Memori Penyimpanan

Memori penyimpanan digunakan sebagai memori menyimpan file Anda, pilihlah laptop yang menyediakan ruang penyimpanan besar agar dapat menyimpan banyak data.

Selain kapasitas, Anda juga perlu mempertimbangkan jenis dari penyimpanan apakah itu HDD atau SSD.

Pilihlah laptop yang memiliki penyimpanan SSD karena SSD lebih cepat dan stabil dibandingkan dengan HDD.

Kelengkapan Port

Port digunakan untuk keperluan koneksi laptop Anda dengan perangkat luar. Pertimbangkan kelengkapan port seperti HDMI, USB Type C, Jack 3.5, Port USB dan Port Ethernet.

Bobot

Pertimbangkan bobot laptop yang Anda pilih dengan mobilisasi aktivitas Anda. Jika Anda adalah pekerja yang sering berpergian, lebih baik Anda memilih laptop yang memiliki bobot ringan.

Tempat Membeli Laptop

Belilah laptop di tempat terpercaya atau official pembelian. Hal ini akan memastikan barang yang Anda beli adalah barang asli dan aman. Selain itu membeli di tempat terpercaya akan memudahkan Anda ketika harus melakukan klaim garansi akibat kerusakan yang tidak disengaja.

 

Itulah tips memilih laptop bagi pemula. Pertimbangkan dengan baik laptop yang Anda pilih agar laptop yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan dan awet dalam jangka waktu yang lama. -ge

Artikel Terkait:  √ Cara Menghilangkan Bau Kotoran Kucing