Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Pisang adalah  buah yang dikenal luas dan banyak diproduksi di Indonesia. Banyak cara menikmati buah pisang diantaranya dengan memakannya secara langsung, digoreng, dikukus atau dioleh menjadi makanan lainnya.

Selain lezat dan mudah dinikmati, pisang juga memiliki berbagai macam manfaat untuk Kesehatan tubuh Anda, yaitu:

Membantu Atasi Hipertensi

Pisang mengandung banyak kandungan kalium yang membantu mengatur keseimbangan cairan. Selain itu kalium juga terbukti membantu menyeimbangkan elektrolit sehingga mampu membuat tekanan darah menjadi stabil.

Kandungan serat di dalam pisang juga dapat membantu untuk mengikat lemak sehingga mencegah pembentukan plak yang menyumbat aliran darah. Plak pada aliran darah dapat menyumbat pembulu darah dan mengakibatkan tekanan darah menjadi meningkat,

Sumber Vitamin A dan Karbohidrat

Dibandingkan dengan buah apel, pisang memiliki dua kali karbohidrat dan lima kali lipat kandungan vitamin A. Konsumsi pisang setiap hari membantu Anda mengkonsumsi karbohidrat dari sumber lain. Pisang juga mengandung magnesium yang penting untuk menjaga kebugaran tubuh Anda.

Menjaga Metabolisme

Mengkonsumsi pisang membuat metabolism Anda semakin baik dan terjaga. Saat mengalami kesulitan dalam buang air besar, Anda dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi pisang.

Fungsi yang lain dari pisang adalah meningkatkan kekebalan tubuh dari infeksi. Saat anda memiliki banyak aktiivtas dan olahraga, pisang membantu Anda untuk menjaga tubuh tetap segar dan tidak cepat lemas.

Melancarkan Alisan Oksigen

Potasium dan mineral pada buah pisang penting untuk menjaga fungsi jantuk dan sirkulasi darah. Mengkonsumsi pisang dapat membantu memperlancar sirkulasi oksigen ke otak dan mengurangi resiko terkena stroke akibat tekanan darah tinggi.

Mengatasi Gejala Anemia

Salah satu kandungan penting pada pisang adalah zat besi. Zat besi sangat penting untuk Anda yang mengalami kekurangan darah merah. Zat besi pada pisang membantu tubuh Anda dalam pembentukan hemoglobin.

Artikel Terkait:  √ Makanan Kucing Anggora

Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang melaksanakan program diet, pisang adalah makanan yang baik untuk dikonsumsi karena mengandung karbohiidrat kompleks. Karbohidrat kompleks tidak memberikan kenaikan glukosa pada tubuh Anda.

Kandungan lemak pada pisang pun rendah sehingga aman untuk Anda yang melaksanakan program diet untuk menurunkan berat badan.

Mood food

Jika Anda mencari makanan yang membuat Anda merasa senang, pisang adalah jawabannya. Pisang dikenal sebagai mood food karena mendorong pembentukan hormon serotine di dalam otak.

Merawat Kulit

Mengkonsumsi pisang yang dicampur dengan madu dapat berkhasiat untuk mengatasi kulit kering. Hal ini juga baik untuk perawatan kulit orang yang memiliki usia lanjut.

Disamping itu, pisang juga baik untuk mengatasi jerawat. Caranya adalah hancurkan buah pisang matang lalu oleskan pada kulit wajah Anda yang berjerawat. Bershikan setelah 15 atau 30 menit.

 

Mengkonsumsi buah-buahan terutama pisang memiliki berbagai macam manfaat untuk Kesehatan Anda. Pastikan tubuh Anda selalu mendapatkan asupan nutrisi seimbang dan istirahat yang cukup agar tetap sehat dan bugar. -ge