√ Cara Penangkaran Anis Merah di Rumah

Assalammualaikum Wr. Wb. Selamat pagi semua para pecinta kucing sedunia. Saya pengasuh kucing di website RumahKucing.Co.Id yang akan membagi tips-tips pada kalian untuk merawat, kasih makan, kasih vitamin, memandikan dan-lain-lain. Nah, disini saya akan membagikan buat anda dirumah dengan pembahasan materi “Penangkaran Anis Merah“. Berikut dibawah ini penjelasan materinya, Check This Out…

Cara-Penangkaran-Anis-Merah-di-Rumah

Anis merah adalah jenis kericau yang sangat populer di kalangan kericau dan tidak sedikit yang telah memulai bisnis adas manis merah dari ternak. Dalam penangkaran, Red Anise membutuhkan teknik dan metode sendiri, karena jenis burung ini sulit dibiakkan, terutama jika Anda tidak memiliki pengetahuan sebelumnya.

Adas merah tidak hanya ditemukan di Indonesia, tetapi juga di beberapa negara lain seperti Bhutan, Bangladesh, Kamboja, India, Cina, Malaysia, Nepal, Laos, Thailand, Sri Lanka, dan Vietnam.

Habitat asli adas merah biasanya hidup di perkebunan kopi dan juga di hutan yang dekat dengan sungai seperti sungai dan lembah. Bagi Anda yang merawat atau memelihara burung adas merah, ada beberapa cara untuk menanam adas merah di rumah yang dapat berfungsi sebagai panduan dan perawatan.


Cara Penangkaran Anis Merah di Rumah

Berikut ini terdapat beberapa cara penangkaran anis merah di rumah, terdiri atas:


1. Menyiapkan bakal burung

Cara pertama untuk menumbuhkan adas merah adalah dengan menyiapkan dua burung adas merah, jantan dan betina, yang siap kawin. Untuk pria antara 1 dan 2 tahun dan untuk wanita minimal 1 tahun. Tanda adas merah yang siap kawin adalah bunyi atau suara lelaki yang semakin keras ketika mengejar seorang wanita, suatu tanda bahwa ia ingin kawin. Sedangkan untuk karakteristik wanita yang siap kawin, sering bersiul dan mengepakkan sayap ke bawah, dengan istilah “licin”, “mesawat” atau “mbebek”.

Artikel Terkait:  √ Harga Burung Perkutut

2. Siapkan sangkar atau kandang

Setelah pengadaan, kandang atau kandang juga harus disiapkan agar proses perkawinan bisa berjalan dengan lancar. Kandang untuk burung adas merah biasanya terbuat dari kayu. Kondisi kandang harus menyenangkan sehingga burung adas merah dapat bertelur dengan mudah.


3. Mencocokkan burung anis merah

Burung-burung disesuaikan dengan menempatkan setiap burung di kandang yang berbeda. Kandang harus berukuran sedang dan tidak terlalu besar untuk disatukan untuk proses pengenalan. Pernikahan yang diatur biasanya berlangsung dalam beberapa hari hingga satu minggu. Perilaku burung dapat dipertimbangkan selama proses perjodohan ini. Ketika terlihat dekat satu sama lain atau laki-laki mulai berurusan dengan wanita, proses perjodohan berhasil dan siap dikurung, seperti karakteristik merpati yang ingin bertelur.


4. Siapkan kandang pembibitan

Seperti halnya merawat burung puyuh di rumah yang harus hati-hati dengan kandang, kandang adas merah juga harus dipertimbangkan jika ideal untuk menanam adas merah adalah 50 cm x 50 cm x 50 cm, yang merupakan ukuran minimum kandang. . Jika Anda ingin membuat yang lebih besar, ini lebih ideal. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika membuat kandang tumbuh adas merah:

  • Kandang harus mudah dibersihkan, terutama bagian bawahnya agar tidak berjamur dan kotor.
  • Siapkan bahan pembentuk sangkar seperti batok kelapa, anyaman rotan, bambu, serat kelapa, daun cemara kering dan jerami.
  • Sangkar dapat dibuat secara manual atau mengandalkan burung dengan hanya menyiapkan bahan di dalam sangkar yang nantinya akan dilakukan oleh burung itu sendiri.

5. Makan

Memberi makan burung adas merah belum dipertimbangkan dan akan menjadi bagian terpenting serta memelihara parkit. Selama proses perjodohan dan agar burung dapat kawin dengan cepat, pakan tambahan dalam bentuk voucher harus diberikan, yang diberikan sekali sebagai pakan sekunder. Sedangkan untuk makanan utamanya berupa cacing tanah.

Untuk jangkrik, hingga 20 hingga 30 ekor dapat diberikan kepada burung betina sehingga mereka dapat bertelur dengan cepat. Jika Anda sudah bertelur, jumlah pakan dapat dikurangi, sementara Kroto menerima hingga 1 tepuk setiap hari. Untuk anak anjing atau piyik berkualitas tinggi, Induka dapat menerima makanan tambahan dalam bentuk pisang, pepaya atau apel.


6. Perawatan anis merah

Berbeda dengan perawatan burung magpies yang menekan ekor, adas merah adalah burung yang suka udara dingin atau dingin, sehingga perlu disemprotkan di lantai kandang pada pagi dan sore hari agar tetap lembab dan dingin. Selain itu, adas merah juga harus dimandikan dua kali sehari, di pagi dan sore hari atau malam hari. Selain penyemprotan, bisa juga diberikan bathtub lalu ditayangkan selama 30 menit hingga 1 jam sebelum mandi.

Artikel Terkait:  √ Perbedaan Burung Zebra Finch Jantan Dan Betina

7. Perawatan Telur Anis Merah

Untuk memastikan bahwa telur adas manis berkualitas tinggi, vitamin tambahan seperti BMR dapat diberikan sebagai tambahan pada pakan tambahan yang disebutkan di atas selama sekitar 1 minggu.


8. Periksa anis merah

Perilaku burung adas merah sangat penting, terutama jika sudah memasuki saat kesenangan atau tidak. Jika salah satu burung belum memasuki waktu kesenangan, jangan disatukan terlebih dahulu karena dapat melawan dan menyaring burung sehingga menghambat proses menikah dan bertelur.


9. Perawatan anakan Anis merah

Burung adas merah betina umumnya bertelur hingga 2 hingga 4 telur. Dalam 2 minggu ke depan, induk akan menetaskan telur sampai menetas, dan sekitar 2 minggu telur akan menetas. Cara terbaik untuk mengobati adas merah adalah dengan tinggal bersama ibu sampai sekitar 1 hingga 2 bulan hanya dapat dihabiskan di kandang terpisah.


10. Fasilitas sanitasi

Kebersihan kandang juga merupakan bagian terpenting dalam menangkap adas merah. Sanitasi yang baik menawarkan lingkungan hidup yang baik yang memengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan adas merah. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika membersihkan kandang merah di penangkaran adalah:

  • Bersihkan kandang setiap hari
  • Bersihkan pakan, minum dan bak mandi setiap hari.
  • Ganti makanan baru setiap hari
  • Ganti lantai setiap hari sebagai alas kandang.

11. Panen anakan anis merah

Anak anjing merah dapat dipanen ketika mereka berusia 3 minggu, atau dapat memakan waktu lebih lama untuk anak ayam menjadi mandiri dan terpisah dari induknya.


12. Tingkatkan nafsu Anis Merah

Untuk mempromosikan nafsu merah sehingga dapat kawin dengan cepat dan bertelur, ia dapat didongkrak dengan burung yang sama atau memberikan hormon testorerone khusus untuk burung adas merah, karena kemungkinan adas merah tidak memiliki hormon testosteron secara genetik.


13. Mandi dan jemur anis merah

Adas merah, termasuk spesies burung yang habitatnya berasal dari tanaman kecil atau pohon. Karena itu, adas merah, termasuk jenis pesolek yang benar-benar suka mandi seperti semprotan atau menggunakan bak mandi seperti mandi dan menguleni, harus dilakukan secara teratur, diikuti dengan pengeringan di bawah sinar matahari. Semua ini harus dilakukan agar keadaan kenikmatan dalam adas merah tetap stabil.


14. Perawatan bulu anish merah

Seperti spesies burung lainnya, adas merah dikenakan proses penghijauan atau penyulaman, yaitu menghilangkan bulu. Jika bulunya rontok sedikit selama 3 hingga 5 hari, itu berarti burung adas merah sedang menyulam. Alan, tetapi ketika bulu dan bulu besar rontok, burung itu akan kawin.

Artikel Terkait:  √ Cara Budidaya Parkit Mata Merah

Ketika burung adas merah matang, jangkrik harus dihentikan dan diganti oleh Kroto hingga 1 sendok teh, pisang atau pepaya sekali sehari dan dimandikan sekali sehari, tetapi tidak dijemur dan penuh polong. Ketika rambut telah tumbuh hampir 95%, itu harus dikondensasi dengan membuka prem pada 4 sampai 6 p.m. dan kemudian dijemur selama 15 hingga 20 menit. Memanggang juga dapat dilakukan lagi dan ditambahkan bersamaan dengan kinerja adas merah, yang juga normal kembali.


15. Pakan ramuan anis merah

Agar kualitas adas merah dapat lebih baik, ramuan dapat diberi makan untuk meningkatkan daya tahan dan kesehatan burung dan untuk mengatasi adas merah yang tidak ingin bersuara. Serangan adas merah, yang tentu saja juga menurunkan harga jual adas merah.

Pengumpanan campuran rotanis adalah campuran 1 sendok makan tepung cabai dan 1 sendok makan Voer ditambahkan ketika dikondensasi sampai jam 7 pagi. Makanan ini tidak boleh diberikan ketika matahari cukup tinggi, yaitu lebih dari 7 pagi. Bila diberikan ketika panas, bisa mengeluarkan bulu karena burung itu panas. Jika Anda tidak bisa menyediakan makanan persiapan di pagi hari, itu bisa diberikan sekitar jam 5 malam.


16. Mengatasi Anis Merah Ngecir

Adas merah jantan dan betina sering berkicau serta sifat-sifat Merapi pleci. Adas merah jantan yang suka melukis menunjukkan bahwa burung itu tidak dalam kondisi prima, sedangkan bagi wanita, adas merah yang suka melukis adalah tanda apakah burung itu berminat. Untuk memastikan kesehatan burung adas merah, cukup untuk nutrisi, vitamin dan mineral dan harus bebas dari parasit, baik parasit di dalam maupun di luar tubuh burung. Jika burung terkena parasit, ia harus segera diobati dengan berjemur dan mengobati kebutuhan vitamin D.


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “16 Cara Penangkaran Anis Merah di Rumah Wajib Diketahui

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Baca Artikel Lainnya: