Dengan pengguna mencapai 1,98 miliar pada januari 2023, Facebook adalah platform media sosial terbesar dan memiliki peluang pemsaran yang tinggi. Selain itu, Indonesia termasuk pengguna ketiga terbanyak platform besutan Mark Zuckerberg.
Melihat angka tersebut dapat disimpulkan bahwa facebook adalah media pemasaran yang memilik potensi pasar sangat tinggi, termasuk pemasaran affiliate.
Pemasaran affiliate adalah memasarkan suatu produk melalui link affiliate. Seorang konten kreator atau afiliator akan mendapatkan komisi berdasarkan transaksi atau kunjungan melalui link yang dibagikan tersebut.
Memiliki pengguna aktif terbanyak, Facebook adalah platform media sosial yang memiliki potensi tinggi untuk dijadikan tempat promosi. Namun tidak sedikit pula dari kita yang masih kebingungan untuk melakukan promosi di facebook.
Tempat Posting Affiliate Link di Facbook
Setidaknya ada tiga tempat untuk memposting link affiliate Anda di dalam Facebook yaitu:
Profil
Link affiliate yang di tempatkan pada profil Facebook memiliki potensi kunjungan organik yang cukup tinggi. Jika Anda memiliki 3.000 teman, maka itulah angka potensi jangkauan kunjungan organik Anda.
Halaman Facebook
Halaman Facebook adalah tempat yang Anda untuk memposting konten yang Anda buat dan Anda tulis. Melalui halaman Facebook Anda dapat menjangkau calon konsumen secara luas.
Grup Facebook
Jika Anda bergabung kedalam berbagai Grup di Facebook, manfaatkanlah sebagai tempat untuk promosi link affiliate Anda. Bergabung dengan grup yang sesuai dengan produk yang Anda promosikan dapat membantu Anda promosi Anda.
Jalin hubungan yang baik dengan anggota grup untuk meningkatkan hubungan Anda. Berilah komentar, berbicara dengan baik dan promosikan produk Anda untuk mendapatkan reputasi yang baik di dalam grup Anda.
Tips promosi affiliate melalui Facebook
Jangan Spam Tautan Affiliate
Facebook memang mengizinkan membagikan tautan afiliasi namun Anda harus memahami bahwa Facebook adalah media sosial yang cukup ketat terhadap apa yang di bagikan didalamnya.
Jika Anda memposting konten yang melanggar, konten Anda bisa dideteksi sebagai spam.
Lakukan Interval Waktu Saat Memposting
Facebook dapat menganggap postingan yang dilakukan secara terus menerus dan dalam rentan waktu singkat sebagai spam. Oleh karena itu Anda harus berhati-hati dengan memberikan rentan waktu saat memposting sebuah konten ke dalam Facebook.
Stratefi interval waktu ini akan menghindari Anda dari berbagai masalah yang mungkin akan timbul di dalam Facebook.
Jangan memposting Gambar Buram
Gambar yang memiliki kualitas tinggi akan mudah dibaca dan menarik orang saat diposting ke dalam Facebook. Sebaliknya jika Anda memposting gambar yang buram, maka kemungkinan postingan Anda mendapatkan perhatian dari calon konsumen semakin kecil.
Facebook juga dapat menandai Anda sebagi akun spam karena gambar yang buram dapat dianggap sebagai konten spam.
Promosi On Point
Jelaskan poin penting dari setiap produk yang Anda promosikan. Jangan membuat tulisan dengan narasi yang sangat panjang sehingga calon konsumen akan lelah membaca postingan Anda.
Perbaiki teks Anda dan fokus pada hal-hal penting serta keunggulan dari produk yang Anda tawarkan.
Narasi Edukasi
Buatlah narasi yang mengandung sebuah makna atau edukasi dalam postingan Anda. Tulisan yang memuat edukasi akan meningkatkan daya tarik postingan Anda. Kesempatan ini dapat Anda gunakan untuk menempatkan link produk ditengah tulisan yang Anda posting.
Tampilklan Tautan Affiliate Pada Postingan
Tunjukan tautan affiliate Anda pada bagian atas postingan, menempatkan tautan affiliate pada bagian bawah postingan akan diabaikan oleh calon konsumen. Letakkan tautan pada baris kedua atau ketiga postingan sehingga calon konsumen dapat melihatnya dengan mudah.
Keberhasilan Affiliate program sangat bergantung pada cara Anda memasarkan, membuat konten yang baik dan juga informatif kepada para audiens. Teruslah berlatih sehingga Anda semakin ahli dalam memasarkan produk melalui program affiliate. -ge