√ Cara Mengatasi Wasir Pada Kucing

Assalammualaikum Wr. Wb. Selamat pagi semua para pecinta kucing sedunia. Saya pengasuh kucing di website RumahKucing.Co.Id yang akan membagi tips-tips pada kalian untuk merawat, kasih makan, kasih vitamin, memandikan dan-lain-lain. Nah, disini saya akan membagikan buat anda dirumah dengan pembahasan materi “Cara Mengatasi Wasir Pada Kucing“. Berikut dibawah ini penjelasan materinya, Check This Out…

Cara-Mengatasi-Wasir-Pada-Kucing

Salah satu penyakit yang dihadapi oleh pecinta kucing adalah “wasir” yang menyebabkan berbagai hal mulai dari terlalu banyak untuk diberi makan makanan kering, kurang minum air putih pada kucing, hingga faktor gen (herediter) faktor yang paling mempengaruhi penyebabnya wasir pada kucing.

Beberapa orang mengatakan bahwa penyakit hampir tidak ada obatnya selain operasi! walaupun mahal, ada juga banyak penggemar kucing yang rela mengeluarkan uang untuk pemulihan kucing walaupun dokter tidak dapat menjamin 100% penyembuhan untuk kucing, dikhawatirkan jahitan pasca operasi akan terbuka lagi dan anus kucing akan kembali lagi!


Cara Mengatasi Wasir pada Kucing

Berikut ini terdapat beberapa cara mengatasi wasir pada kucing, terdiri atas:


  1. Memahami Gejalanya

Sebelumnya, teman saya harus mengerti dulu apa saja gejala kucing yang terkena wasir karena kucing tidak bisa mengekspresikan rasa sakit yang terasa seperti manusia, mengikuti gejala yang bisa diamati langsung dari fisik.

Perubahan sikap seperti berusaha menangkap ekornya sendiri karena merasa sakit dan gatal di dubur, ada bengkak kemerahan di dubur kucing, kucing kesulitan duduk dan sering berdiri atau berbaring, kucing kesulitan buang air besar di serasah. kotak, dan kadang-kadang berdarah di sekitar dubur.

Jika kucing Anda mengalami ini, bisa dipastikan kucing Anda menderita wasir, suatu kondisi yang jika tidak ditangani berisiko menyebabkan infeksi. Penyakit wasir pada kucing dapat disebabkan oleh faktor keturunan atau karena pola makan yang tidak sehat dan kurangnya air minum, atau bisa juga karena obesitas dan sakit diare. (Baca Juga : √ Perhatikan! Penyebab Kucing Diare dan Cara Mengatasinya)


  1. Berikan Stool Softener

Kucing yang menderita wasir tentu akan mengalami kesulitan buang air besar dan sembelit dapat terjadi atau mungkin juga ada penumpukan kotoran di saluran pencernaan. Untuk mencegah kotoran menempel di tubuhnya dan menjadi lebih keras karena tidak bisa keluar, berikan obat untuk melunakkan kotoran yang bisa Anda beli dari dokter hewan.

Obat tersebut akan membuat kotoran yang disimpan menjadi lunak sehingga meski mengalami wasir, kucing tetap bisa mengeluarkannya. Cara ini juga merupakan cara untuk mengurangi rasa sakit di perut kucing, karena kotoran yang tidak keluar tentu akan membuat perut terasa seperti itu.


  1. Berikan Obat Berbentuk Krim

Cara menangani wasir pada kucing adalah dengan memberikan krim khusus untuk wasir di dokter hewan terdekat, krim tersebut akan mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit dan gatal di sekitar dubur kucing, sehingga perlahan-lahan akan menyembuhkan wasir. Caranya adalah menyebarkannya secara tipis dan merata pada wasir dan sekitar dubur sesuai dosis yang disarankan.


  1. Makanan Tinggi Protein

Berikan asupan makanan dalam bentuk ayam atau daging sapi yang telah dimasak secara menyeluruh dan sedikit dihaluskan. Biasanya kucing yang sakit merasa tidak nyaman sehingga dia tidak mau makan. Dengan memberinya makanan yang lunak dan berprotein tinggi, akan membantunya pulih dengan cepat karena protein merupakan unsur nutrisi yang dapat memberikan daya tahan dan makanan lunak akan mudah tertelan dan memberikan nutrisi yang baik untuknya. (Baca Juga : Nutrisi yang Dibutuhkan Oleh Kucing)


  1. Kompres Air Hangat

Kompres perut dan dubur untuk mengurangi rasa sakit, lakukan secara teratur dan segera keringkan bulu dengan handuk bersih jika terkena air. Memiliki wasir tentu akan terasa menyiksanya, oleh karena itu Anda sebagai pemilik wajib memahami dan memberinya lebih banyak perhatian dan perawatan.


  1. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi atau kurangnya asupan cairan dapat membuat kucing lebih parah, wasir, karena tinja akan menjadi lebih keras dan wasir akan menjadi lebih bengkak, karena menyediakan air yang cukup untuk kucing Anda ya, teman? Jauh lebih baik jika Anda memberinya minum air hangat yang akan menenangkan perutnya. Beri dia makan jika dia tidak ingin minum. (Baca Juga : √ Dehidrasi Pada Kucing)


  1. Berikan Yogurt Tanpa Gula

Yogurt adalah makanan yang sangat baik untuk kesehatan saluran pencernaan, jadi sangat baik untuk bagaimana menangani wasir pada kucing, memberikan yogurt khusus yang dibuat untuk kucing tanpa gula. Berikan yogurt sampai ia pulih sehingga ia menghindari infeksi saluran pencernaan dan penyakit berbahaya lainnya.


  1. Batasi Kegiatan

Jangan biarkan kucing Anda dengan wasir mendapatkan terlalu banyak kegiatan atau bermain dengan teman-teman mereka. Karena beresiko melukai wasir saat bermain maka berisiko infeksi atau perdarahan. Pastikan ia ditempatkan terpisah dari kucing lain dan biarkan ia beristirahat sampai wasir sembuh sambil tetap memberikan asupan makanan dan minuman bergizi untuknya.


  1. Hindari dari Tempat Kotor

Tempat-tempat kotor memang tidak baik untuk semua jenis makhluk hidup, juga untuk kucing, keduanya kucing yang sehat terutama kucing yang sakit. Bersihkan tubuh kucing dan kandang secara berkala dan pastikan tidak ada bagian yang kotor. Lingkungan atau tubuh yang kotor akan membuat manusia menjadi manusia dan memperpanjang penyembuhan dan menunjukkan panyakit baru seperti diare dan infeksi pada dubur kucing.


  1. Operasi

Jika Anda telah melakukan perawatan tetapi tidak ada kemajuan yang mengarah ke pemulihan, maka Anda harus membawanya ke dokter hewan untuk mengatasi wasir yang ia derita secara menyeluruh. Seba terkadang ada wasir yang sudah membesar atau bengkak sehingga harus disembuhkan dengan operasi.

Operasi pada wasir kucing umumnya dilakukan dengan anestesi lokal dan kemudian akan diberikan obat jalanan serta tips dari dokter hewan untuk memberinya obat dan perawatan khusus. Pastikan semua langkah dilakukan susah payah sahabat, berikan kesembuhan pada kucing Anda sehingga ia terbebas dari penyakit yang ia rasakan.


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “10 Cara Mengatasi Wasir Pada Kucing [100% Work]

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Baca Artikel Lainnya: