Langkah Mudah Perpanjang Usia Baterai Smarphone

Keberadaan smartphone telah menjadi bagian penting di kehidupan era modern. Mulai dari anak-anak hingga usia dewasa, smartphone dijadikan alat komunikasi dan hiburan.

Namun jika kita salah dalam menggunakan dan merawat, alih-alih menjadi barang penting smartphone bisa sangat tidak nyaman digunakan. Salah satu masalah yang banyak ditemukan adalah usia baterai smartphone yang pendek.

Berikut adalah tips mudah untuk Anda lakukan agar baterai smatphone Anda tetap awet dan memiliki usia yang panjang.

Atur Kecerahan Smatphone

Layar pada smartphome adalah salah satu komponen yang banyak menguras daya dari baterai. Mengatur dan mengurangi kecerahan layar dapat mengurangi konsumsi daya baterai secara signifikan.

Selain itu Anda juga dapat mengaktifkan fitur tidur otomatis sehingga smartphone akan mematikan layar jika dalam beberapa waktu tertentu tidak digunakan. Manfaatkan juga mode gelap pada aplijasi yang tersedia agar membantu mengurangi konsumsi baterai.

Matikan fitur yang tidak digunakan

Smartphone memiliki berbagai fitur di dalamnya seperti Bluetooth, Wi-Fi, GPS dan juga NPC. Matikan fitur tersebut jika sedang tidak Anda butuhkan. Hal tersebut dapat mengurangi pemborosan daya baterai.

Perbarui Sisitem dan Aplikasi

Pembaharuan sistem dan aplikasi secara rutin dapat memperpanjang usia baterai. Pembaruan sistem dan aplikasi membuat kinerja smartphone semakin efisien dan tetntunya membantu mengoptimalkan konsumsi daya baterai.

Gunakan Mode Hemat Daya

Smarphone kini dilengkapi dengan mode hemat daya. Mode hemat daya ini akan aktif ketika baterai smartphone Anda sedang kritis.

Mode hemat daya mengoptimalkan penggunaan baterai dengan cara membatasi beberapa aplikasi dan fitur yang tidak begitu penting untuk digunakan. Dengan aktifnya mode hemat daya ini, Anda dapat tetap terhubung dengan smartphone hingga Anda mengisi ulang daya baterainya.

Artikel Terkait:  5 Rekomendasi Smartphone Harga 2 sampai 3 Jutaan

Hindari Overcharging

Mengisi daya baterai smartphone setelah daya mencapai 100% dapat merusak baterai dan menurunkan kapasitasnya dengan cepat. Hindari kebiasaan ini untuk menghindarinya.

Lepaskan charging smartphone jika daya sudah mencapai 100%. Namun di era modern sekarang, smartphone memiliki fitur dimana pengisian baterai akan otomatis mati jika daya telah mencapai 100%.

Gunakan Charge Asli

Gunakan charge asli agar charge sesuai dengan spesifikasi pada smartphone Anda. Penggunaan charge yang tidak cocok dan berkualitas rendah akan merusak barerai dan berbahaya bagi smartphone Anda.

Hindari suhu ekstrem

Suhu panas atau dingin yang berlebihan dapat mempengaruhi kinerja baterai smartphone Anda. Hindari penggunaan smartphone pada suhu panas ekstrem seperti terpapar sinar matahari langsung. Suhu yang terjaga dapat membantu mengoptimalkan kinerja baterai smartphone Anda.

 

Itulah tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membantu baterai smartphone Anda berumur panjang. Pastikan Anda merawat smarphone Anda dengan baik untuk menghindari hal-hal yang tidak Anda inginkan seperti bermasalah ataupun rusak. -ge