Langkah mudah dan aman membersihkan laptop

Laptop adalah perangkat yang tidak terpisahkan dari setiap aktivitas produktif di era modern ini. Baik digunakan untuk keperluan bekerja hingga hiburan semata, laptop adalah alat yang sangat diandalkan.

Menjaga kebersihan laptop sangat penting agar performa laptop terus terjaga dan bekerja dengan baik. Meski demikian, banyak orang yang mungkin masih bingung dengan cara membersihkan laptop yang mudah dan aman.

Berikut adalah langkah mudah dan sederhana untuk membersihkan laptop.

Matikan Laptop dan Cabut Kabel Koneksi

Pastikan untuk mematikann dan mencabut semua kabel dan perangkat yang terhubung dengan laptop Anda sebelum Anda membersihkannya. Sambungan tersebut charger dan perangkat eksternal lainnya yang terhubung dengan laptop Anda.

Pastikan juga laptop Anda dalam keadaan benar-benar mati saat akan membersihkannya.

Persiapan Alat

Jangan lupa untuk mempersiapkan peralatan yang akan Anda gunakan untuk membersihkan laptop seperti lap microfiber, kuas halus, alkohol dan semprotan udara. Pastikan alat yang Anda gunakan tidak memiliki permukaan yang kasar yang dapat merusak komponen laptop Anda.

Bersihkan permukaan Luar

Saat membersihkan permukaan luar laptop, gunakan lap mikrofiber yang lembut. Bersihkan permukaan luar laptop dari debu, sidik jari, dan kotoran ringan secara perlahan dan hati-hati. Pastikan Anda menghindari menggunakan bahan kimia yang keras, seperti pembersih kaca karena dapat merusak lapisan pelindung laptop.

Bersihkan keyboard

Untuk membersihkan keyboard laptop, gunakan semprotan udara untuk mengeluarkan debu dan kotoran dari celah keyboard. Selain itu Anda juga dapat menggunakan kuas halus untuk membersihkan area keyboard, lakukan dengan lembut. Untuk membersihkan kotoran yang lebih menempel, Anda dapat menggunakan sikat anti-statis dengan hati-hati.

Artikel Terkait:  Tips Memilih Smartphone yang Tepat untuk Kebutuhan Anda

Ventilasi (Sirkulasi udara)

Ventilasi laptop penting untuk menjaga suhu internal yang optimal dengan cara membuang panas didalam laptop keluar. Oleh sebab itu menjaga kebersihan lubang ventilasi pada laptop sangat penting dilakukan.

Gunakan semprot udara untuk membersihkan debu dan kotoran yang terjebak di lubang ventilasi. Saat membersihakn ventilasi udara, pastikan laptop Anda dalam keadaan benar-benar mati.

Layar

Layar adalah salah satu komponen penting pada laptop, pastikan kebersihan layar laptop Anda terjaga agar Anda tidak terganggu karena kotoran saat menggunakan laptop.

Bersihkan layar laptop dengan lap berbahan halus seperti mikrofiber khusus untuk layar. Bersihkan secara perlahan dan hindari tekanan berlebihan karena dapat merusak layar.

Jika laptop Anda memiliki permukaan sentuh (touchpad), bersihkan dengan lembut menggunakan lap mikrofiber.

Bagian Dalam Laptop

Jika bagian luar sudah dibersihkan, lakukan pembersihan pada bagian dalam laptop Anda. Buka bagian belakang laptop dengan hati-hati untuk membersihkan bagian dalam yang lebih dalam.

Namun, langkah ini biasanya memerlukan pengetahuan teknis yang lebih mendalam tentang laptop dan dalam beberapa laptop dapat membatalkan garansi.

Jika Anda tidak yakin dapat melakukannya secara mandiri maka lebih baik biarkan profesional melakukannya.

Mengatasi Tumpahan Cairan

Jika laptop Anda terkena tumpahan cairan, matikan segera dan cabut baterai laptop Anda.

Bawa laptop Anda ke jasa servis laptop professional agar segera mendapatkan penanganan yang tepat untuk menyelamatkan laptop Anda dari kerusakan.

Baterai

Selain pembersihan fisik laptop, perawatan baterai juga sangat penting untuk dilakukan secara rutin. Pastikan untuk mengikuti panduan pengguna untuk pengisian dan penggunaan baterai yang benar sesuai petunjuk setiap brand laptop.

Kebersihan lingkungan

Terakhir adalah pastikan tempat kerja atau tempat Anda menggunakan laptop juga bersih. Hindari makan atau minum dekat laptop untuk mencegah tumpahan yang tidak diinginkan. Tumpahan makanan dan minuman yang terkena laptop dapat merusak laptop Anda. -ge

Artikel Terkait:  Cara Atasi Smartphone yang Tidak Bisa Terhubung Wi-Fi