√ Harga Bibit Ikan Lele

Assalammualaikum Wr. Wb. Selamat pagi semua para pecinta kucing sedunia. Saya pengasuh kucing di website RumahKucing.Co.Id yang akan membagi tips-tips pada kalian untuk merawat, kasih makan, kasih vitamin, memandikan dan-lain-lain. Nah, disini saya akan membagikan buat anda dirumah dengan pembahasan materi “Bibit Ikan Lele“. Berikut dibawah ini penjelasan materinya, Check This Out…

Harga-Bibit-Ikan-Lele

Selama ini ikan lele menjadi primadona budidaya ikan yang diminati oleh masyarakat. Banyaknya kebutuhan masyarakat akan kemudahan budidaya menjadikan lele favorit. Bagi anda yang tertarik untuk membudidayakannya, anda perlu mengetahui daftar harga benih lele terbaru.

Mengetahui harga benih merupakan salah satu keterampilan dasar yang perlu diketahui oleh para pembudidaya ikan. Apalagi bagi Anda yang baru memulai usaha budidaya lele. Memilih bibit lele yang akan ditanam juga menjadi hal yang penting. Baik dari spesies hingga ciri fisik ikan lele.


Jenis-Jenis Ikan Lele Terbaik

Sebelum mengetahui harga benih, Anda perlu mengetahui jenis ikan lele terbaik untuk dibudidayakan. Berikut beberapa spesies lele terbaik untuk dipelihara:


1. Lele Sangkuriang

Untuk jenis lele rekomendasi pertama adalah lele Sangkuriang. Ikan lele sangkuriang pernah memiliki nama yang sangat terkenal terutama pada tahun 80-an hingga 2000-an. Ikan lele sangkuriang juga mulai berkembang kembali, terutama pada tahun 2002 saat diperiksa kembali oleh BBPBAT Sukabumi.

Ikan lele sangkuriang sendiri memiliki beberapa manfaat yang disukai. Misalnya, tenaga produksi telurnya sangat cepat. Akibatnya produksi lele di Sangkuriang cenderung sangat tinggi. Selain itu, telur ikan lele memiliki peluang 80% untuk menetas. Bahkan lebih baik dari Lele Dumbo.

Artikel Terkait:  √ Umpan Ikan Tawes

Ikan lele sangkuriang juga memiliki ketahanan penyakit yang baik. Ikan lele ini juga dikatakan memiliki tekstur yang sangat padat, hangat, dan renyah. Setelah diproses, tidak berbau lumpur juga. Sehingga budidaya lele Sangkuriang akan menguntungkan. Apalagi harga bibit lele sangkuriang sangat bersahabat.


2. Ikan Lele Python

Lele python dikembangkan secara khusus untuk mendapatkan lele yang tahan cuaca dan dingin. Ikan lele Python sendiri terkenal dengan kemampuannya beradaptasi dengan kekebalan yang sangat baik. Sebab, benih ikan lele python sangat kuat.

Karena kemampuannya dalam menahan cuaca, maka lele python juga dapat dibudidayakan dalam cuaca apapun, dikondisikan dengan suhu udara. Ikan lele Python juga memiliki struktur daging yang sangat disukai. Makanya, lele python menjadi salah satu favorit banyak peternak atau pebisnis.

Ikan lele Python juga tergolong sangat aktif bergerak. Ini akan mengurangi jumlah lemak dalam tubuh. Ini membuat dagingnya sangat enak dan empuk. Budidaya lele python juga akan lebih menguntungkan karena harga benih lele yang murah.


3. Ikan lele Masamo

Ikan lele masamo merupakan salah satu ikan lele yang ciri fisiknya sangat berbeda dengan jenis lainnya. Ikan ini diberkahi dengan bentuk tubuh yang menyerupai selop tua. Tubuhnya cenderung panjang dengan warna kehitaman. Patilnya juga cenderung lebih pedas.

Untuk beberapa keunggulan ikan masamo yaitu dapat tumbuh sangat cepat dan cenderung besar. Selain itu, pertumbuhannya cenderung sangat baik sehingga tidak mengganggu pertumbuhan bersama. Ikan lele Masamo juga cenderung tidak mudah stres dan cepat beradaptasi dengan lingkungan baru.

Ikan lele masamo juga sangat tahan penyakit. Namun tentunya untuk lebih kebal, dibutuhkan vaksin ikan. Pemeliharaan kualitas air harus selalu diperhatikan. Keunggulan lainnya yaitu ikan lele masamo hanya memiliki sifat kanibal yang sangat sedikit, sehingga pembiakan lele masamo memiliki peluang keberhasilan yang besar.

Artikel Terkait:  √ Cara Ternak Ikan Mujair

4. Lele Dumbo

Ikan lele dumbo merupakan ikan lele dengan warna agak hitam kehijauan. Secara umum ikan lele dumbo muncul sebagai bintik hitam atau putih dengan perubahan suhu atau stress. Namun, saat Anda tidak lagi stres dan suhu sudah kembali normal, bintik-bintik itu akan hilang.

Beberapa keunggulan ikan lele dumbo adalah dapat menghasilkan telur yang banyak. Bahkan lebih hingga 4000 artikel. Ditambah lagi, harga bibit lele per ikan tidak ada bedanya. Meski tergolong ikan yang sangat rakus, hal itu sebanding dengan pertumbuhannya yang pesat.

Seperti namanya, lele dumbo juga berukuran lebih besar, terutama jika dibandingkan dengan lele lokal. Daya tahan penyakit juga sangat baik. Untuk mengolahnya, Anda bisa menggunakan kolam tanah. Hal ini dikarenakan ikan lele dumbo tidak membuat lubang di kolam tersebut.


Harga Bibit Ikan Lele Terbaru

Kalau bicara harga, maka benihnya berbeda antara benih dengan ikan dewasa … Secara umum harga semua jenis benih lele tidak jauh berbeda. Selain itu banyak penjual yang umumnya menawarkan harga benih lele per kg, per ekor, atau per boks.

Namun yang paling umum digunakan oleh penjual adalah per box. Isi per kotak juga berbeda-beda tergantung ukurannya. Misalnya ukuran 2-3 cm per kotak berisi 8000 ekor burung dan dihargai Rp. 1.110.000. Kalau kemudian ukurannya lebih besar dari 3-5 cm, normalnya berisi 5000 ekor burung dengan harga Rp. 1.220.000.

Anda juga bisa membeli yang lebih besar seperti 4-6 cm. Ukuran ini umumnya ditetapkan sebesar Rp. 1.230.000 per kotak dengan isi 4.000 ekor. Saat ukuran benih terbesar adalah 5-7 cm. Umumnya ukuran ini dijual dengan harga Rp. 1.260.000 per kotak.

Artikel Terkait:  √ Umpan Ikan Tombro

Selain menentukan harga benih, Anda juga perlu memikirkan jenis ikan lele yang akan dibudidayakan. Usahakan untuk memilih jenis ikan lele yang paling cocok dan cocok untuk Anda. Hal tersebut akan memaksimalkan budidaya lele yang anda lakukan. Demikian pembahasan tentang bibit lele.


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “5 Harga Bibit Ikan Lele Beserta 4 Jenis-Jenisnya

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Baca Artikel Lainnya: