√ Ciri-Ciri Kucing Diare

Assalammualaikum Wr. Wb. Selamat pagi semua para pecinta kucing sedunia. Saya pengasuh kucing di website Rumahkucing.Co.Id yang akan membagi tips-tips pada kalian untuk merawat, kasih makan, kasih vitamin, memandikan dan-lain-lain. Nah, disini saya akan membagikan buat anda dirumah dengan pembahasan materi “Kucing Diare“. Berikut dibawah ini penjelasan materinya, Check This Out…

Ciri-Ciri-Kucing-Diare

Diare biasanya terjadi karena pencernaan kita terganggu, seperti halnya ketika kucing mengalami diare. Selain itu, pencernaan kucing sangat sensitif. Diare bisa berbahaya jika dibiarkan begitu saja karena diare dapat membuat kucing dehidrasi karena semua cairannya telah berubah menjadi tinja. Lalu apa penyebab diare yang benar? Kenapa Kucing Bisa Diare?


Ciri-Ciri Kucing Diare

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri kucing diare, terdiri atas:


1. Nafsu makan menurun

Ini adalah kejadian umum ketika gejala diare muncul pada kucing. Biasanya, suatu hari kucing ingin makan jarang atau tidak sama sekali. Kucing adalah hewan yang hampir seperti manusia dalam hal metabolisme dalam tubuh mereka. Kucing yang sehat biasanya makan 3 kali atau lebih dalam sehari. tetapi jika kucing tiba-tiba berhenti memakan apa yang kita tawarkan, kucing menjadi dehidrasi. maka kita perlu berpikir lebih hati-hati tentang apakah kucing itu diare atau tidak.

Artikel Terkait:  √ Kucing Tidak Mau Makan

2. Mengalami Mencret

Pada kucing, diare terjadi atau kotoran dalam bentuk air, seperti lendir, dikeluarkan secara terus-menerus ketika kucing berada di pub (bab). dan biasanya akan menimbulkan bau yang sangat menyengat.


3. Air liur di mulut kucing

Ini adalah karakteristik yang langka pada kucing, tetapi ketika kucing kita mengalami karakteristik ini, ia secara alami mengalami diare. Air liur ini biasanya muncul pada saat bab kucing. Namun, sifat-sifat ini jarang terjadi.


4. Kucing malas untuk bergerak

Ini adalah karakteristik umum yang sering terjadi pada kucing yang mengalami diare, atau bahkan sebaliknya. Kucing menjadi lebih gesit dalam arti kebingungan. Dalam banyak kasus, pemilik biasanya tidak tahu bahwa kucing itu diare.


Cara Mengobati Kucing Diare

Berikut ini terdapat beberapa cara mengobati kucing diare, terdiri atas:


  1. Berikan ORS

Ada banyak jenis ORS yang dijual di toko. Tetapi untuk hewan yang memiliki berbagai jenis ORS pada manusia, Anda bisa mendapatkannya langsung dari dokter hewan atau bahkan membelinya dari petcare atau petshop. Oralit hewan khusus memiliki harga yang berbeda dari oral manusia.

Namun, fungsi oralit hanya dimaksudkan untuk meredakan dehidrasi sehingga kucing tidak cepat lelah dan lemah. ORS hanyalah bantuan kecil untuk kucing.


  1. Larutan elektrolit

Dalam situasi genting, Anda juga bisa memberikan elektrolit kucing diare sebagai pertolongan pertama, yang membuat perawatan menjadi sangat mudah. Anda hanya bisa membantu kucing dengan 900 ml air dan satu sendok makan gula dan satu sendok makan garam. Jika kucing Anda kesulitan minum, Anda bisa membimbing mereka dengan memberi makan kucing untuk minum.


  1. Beri tahu Kucing Berpuasa

Ini adalah cara lain yang efektif untuk meredakan diare pada kucing. Berikan banyak air minum, tetapi jenuh makanan kucing selama 12 hingga 24 jam untuk meredakan diare kucing.

Artikel Terkait:  √ Bulu Kucing Rontok Setelah Melahirkan

Setelah kucing berpuasa, berikan makanan yang mudah dicerna (kebanyakan makanan lunak).


  1. Obat diare alternatif Norit

Norit adalah obat untuk sakit perut yang banyak digunakan di apotek dan toko lainnya. Obat ini aman dikonsumsi kucing karena sistem pencernaan kucing hampir mirip dengan manusia. Setelah membeli obat ini, larutkan satu tablet Norit dalam 10 ml air. Kucing dewasa dapat mengonsumsi 1 ml larutan Norit. Dan kucing kecil hingga 0,5 ml. Anda bisa memberikannya 3-4 kali sehari.

Efek norit membuat kursi kucing hitam, tetapi ini normal.


  1. Berikan Tempe

Tempe memiliki keuntungan besar dalam meredakan diare kucing. Tempe dapat dimasak terlebih dahulu sebelum diberikan kepada kucing yang mengalami diare.


  1. Masukkan Obat Cacing Khusus Kucing

Ini adalah cara lain yang efektif untuk membantu kucing meringankan gejala diare. Beli penyerap di apotek atau toko hewan peliharaan terdekat jika diare kucing disebabkan oleh cacing lambung.


  1. Menawarkan multivitamin

Banyak multivitamin khusus untuk kucing. Selain menjaga ketahanan tubuh kucing, multivitamin juga dapat membantu melawan berbagai penyakit, termasuk diare. Multivitamin juga dapat menjaga sistem kekebalan kucing, mengurangi kelemahan kucing dengan diare.


  1. Konsumsi yogurt

Yoghurt adalah minuman yang kaya akan manfaat kesehatan untuk pencernaan. Namun, terutama untuk kucing, Anda harus memberikan yogurt non-laktosa atau yogurt dengan kandungan laktosa yang sangat rendah, karena kucing tidak dapat mencerna laktosa di dalam tubuhnya.

Jangan hanya memberi yogurt pada kucing, karena yogurt yang kaya laktosa dapat membuat diare kucing bertambah parah.


  1. Bersihkan kandang

Ini bisa jadi karena kondisi kucing yang kotor menyebabkan diare pada kucing. Kondisi lembab menyebabkan banyak virus muncul, yang dapat mempengaruhi sirkulasi udara.

Artikel Terkait:  √ Cara Mengobati Kucing Sakit Lemas

Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “Kenali! 13 Ciri-Ciri Kucing Diare dan Cara Mengobatinya

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Baca Artikel Lainnya: