√ Cara Menjinakan Kucing Liar

Assalammualaikum Wr. Wb. Selamat pagi semua para pecinta kucing sedunia. Saya pengasuh kucing di website Rumahkucing.Co.Id yang akan membagi tips-tips pada kalian untuk merawat, kasih makan, kasih vitamin, memandikan dan-lain-lain. Nah, disini saya akan membagikan buat anda dirumah dengan pembahasan materi “Kucing Liar“. Berikut dibawah ini penjelasan materinya, Check This Out…

Cara-Menjinakan-Kucing-Liar-Menjadi-Kucing-Rumahan

Kucing adalah salah satu hewan paling populer di dunia. Kucing menjadi salah satu hewan favorit. Kucing memiliki tubuh yang manis dan mata yang imut. Banyak spesies atau jenis kucing di dunia semakin berkontribusi terhadap popularitas mereka sebagai salah satu hewan yang paling dicintai oleh manusia.

Ketika kita melihat media sosial seperti Instagram atau YouTube, banyak gambar dan video tentang kucing secara sadar diabadikan oleh pemiliknya sebagai bentuk kasih sayang dan berbagi humor mereka.

Anda, yang suka memelihara kucing, tentu saja menjual kucing atau melihat kucing yang ditemukan di jalan dan kemudian dirawat. Terkadang kucing liar yang dulunya hidup di alam liar atau kucing yang tidak terbiasa dengan pemilik barunya bertindak kasar dan menjauh, tidak mau diajak bermain atau disentuh seperti kucing rumah tangga pada umumnya.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, kucing bisa dijinakkan jika Anda mengadopsi atau mengadopsi, kucing ramah dan baik.


Cara Menjinakan Kucing Liar Dengan Mudah

Berikut ini terdapat beberapa cara menjinakan kucing liar dengan mudah, terdiri atas:

Artikel Terkait:  √ Ciri-Ciri Kucing Sedih

1. Pahami sifat kucing

Sebelum Anda bisa menjinakkan kucing yang Anda adopsi, Anda harus terlebih dahulu memahami sifat atau karakter dasar dan bahasa tubuh kucing. Karakteristik ini dapat dilihat dalam perilaku sehari-hari mereka, misalnya pada kucing yang gelisah, stres dan tidak nyaman. Kemudian kucing menurunkan tubuhnya, membengkak matanya, telinganya mengarah ke belakang dan membuat suara seperti saat bersiap untuk berkelahi. Dalam situasi seperti itu, Anda sebaiknya tidak mendekati kucing terlebih dahulu.


2. Bahasa tubuh kucing

Bahasa kucing juga menunjukkan keinginan atau perasaan kucing. Anda harus memahaminya dengan memperhatikan gerak tubuh. Beberapa contoh bahasa kucing termasuk, misalnya, murid yang membesar, yang berarti takut, telinga terlipat ke samping, melindungi diri sendiri, dan lainnya.


3. Jaga jarak

Jangan terburu-buru mendekati atau membelai kucing jika tidak sedekat Anda dengan manusia atau hewan lain. Kucing perlu waktu untuk menyesuaikan ketika mereka berada di tempat baru atau memiliki pemilik baru.

Jauhi dia untuk sementara waktu. Secara umum, kucing yang bergerak merasa bingung dan aneh dengan tempat baru mereka selama beberapa jam. Dia akan tenang ketika dia merasa seperti ada di tempat dan dengan makhluk lain yang membuatnya nyaman.


4. Dekati dengan kalimat yang lembut

Jika kucing merasa tenang dan tidak bergumam ketika Anda melewatinya, pertanda bahwa kucing tersebut secara bertahap beradaptasi dan menyadari bahwa Anda adalah pemiliknya yang merawatnya dan bermain dengannya. Dekati dia dengan kalimat yang lembut, bicaralah padanya dan berikan dia ekspresi wajah yang menyenangkan.


5. Sering mengucapkan kata “pus”

“Pus” adalah ungkapan yang dimengerti semua kucing. Ucapkan kata ini setiap kali Anda mendekatinya.


6. Jangan beradu pandang

Jangan melakukan kontak mata jika Anda menatap matanya untuk waktu yang lama atau terus menerus. Ini adalah kucing untuk tindakan agresif, yang berarti tantangan untuk pertarungan. Mungkin berisiko membuatnya marah dan menjauh dari Anda. Baca juga cara merawat kucing biru Rusia.

Artikel Terkait:  √ Kucing Mendengkur Terus Menerus

7. Jangan menatakut nakuti

Misalnya, jangan menakuti dia dengan suara keras atau retak atau menakuti dia dengan benda-benda tertentu seperti sapu dan lainnya. Hak-hak ini tidak membuat kucing merasa dekat dan jinak dengan Anda. Itu akan bergerak lebih jauh dari Anda. Itu bisa menggaruk atau langsung menggigit ketika Anda mendekatinya.


8. Perlakukan dengan lembut

Perlakukan kucing Anda selembut dan semanis mungkin. Jika dia merasa tenang, Anda bisa menyentuh bulu sekali dan menyentuh leher bagian atas antara kepala dan tubuh. Baca juga cara merawat kucing biru Rusia.


9. Jangan memainkan ekornya

Jangan pernah menyentuh ekor jika Anda baru di daerah ini. Ekor kucing adalah bagian sensitif dari tubuh. Jika Anda menyentuhnya, ia bisa langsung marah, terutama jika Anda tidak sengaja menarik atau mendorong ekor. Sudah pasti bahwa dia kesakitan dan tinggal jauh dari Anda.


10. Masukkan perumahan

Pertama, letakkan kucing Anda di dalam rumah sampai jinak, tutup jendela dan pintu agar tidak lari. Terus berikan tempat yang nyaman atau kandang dengan kondisi bersih dan sirkulasi udara yang lancar. Juga beri dia tempat untuk bersembunyi, seperti kotak kosong atau selimut di kandangnya.


11. Kenalkan aroma manusia

Kenalkan kucing Anda ke dalam aroma manusia, letakkan pakaian bekas di sekitarnya sehingga terbiasa dengan bau manusia.


12. Memberi makan dan minum

Memenuhi kebutuhan makan dan minum, jangan lupa kembali untuk berbicara dengannya dengan lembut dan dengan panggilan “nanah” ketika Anda memberi makan atau minum. Ini akan memberi tahu kucing bahwa Anda mengatasinya dan bahwa Anda adalah pemilik yang baik dan tidak akan menyakitinya. Ini membuatnya lebih lembut dan terbuka untuk Anda.


13. Sentuh dengan hati-hati

Ketika terbuka, Anda dapat menyentuh tubuhnya. Kucing yang terbuka dapat dilihat dalam postur mereka, yang normal ketika Anda berjalan melewatinya atau mendekatinya, tidak menjaga jarak, menatap Anda dengan tatapan lembut, dan membuat suara yang dimanjakan.

Artikel Terkait:  √ Tips Agar Kucing Tidak Tidur Di Litter Box

Jika kucing Anda sudah memiliki karakteristik ini, itu adalah tanda bahwa ia sudah nyaman dan mulai mempercayai Anda dan siap untuk ditangani. Sentuhkan lembut bulu leher atau punggungnya saat dia tidak berkelahi, sentuh dan usap lehernya saat dia diam dan tutup tubuhnya untukmu, pertanda bahwa dia sudah mulai menjinakkanmu.


14. Ambil kesempatan

Tunjukkan perhatian Anda dan ambil hatinya, beri makan dan minum tepat waktu, gosok bulu dengan lembut, biarkan dia tidur dengan tenang dan jaga kesehatannya. Jika dia merasa kesepian dan gelisah atau sakit, berikan obat agar dia dapat mengenali cinta Anda dan merasa bahwa Anda membutuhkannya.


15. Ajak untuk bermain

Bawa kucing lebih dekat dengan Anda dalam permainan, kucing suka bergerak dan aktif saat diundang untuk bermain. Beri dia mainan seperti bola yang menggerakkannya, dengan hati-hati lempar bola ke arahnya dan undang kamu untuk bermain bersama. Kucing yang berinteraksi dengan Anda sering menjadi lebih dekat dan jinak.

Selalu luangkan waktu untuk memperhatikan hal ini. Demikian artikel tentang 15 cara menjinakkan kucing liar, semoga bermanfaat terima kasih. Salam dari penulis.


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “15 Cara Menjinakan Kucing Liar Menjadi Kucing Rumahan

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Baca Artikel Lainnya: