√ Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Assalammualaikum Wr. Wb. Selamat pagi semua para pecinta kucing sedunia. Saya pengasuh kucing di website Rumahkucing.Co.Id yang akan membagi tips-tips pada kalian untuk merawat, kasih makan, kasih vitamin, memandikan dan-lain-lain. Nah, disini saya akan membagikan buat anda dirumah dengan pembahasan materi “Kucing Tidak Mau Makan“. Berikut dibawah ini penjelasan materinya, Check This Out…

Cara-Mengatasi-Kucing-Tidak-Mau-Makan

Kucing tidak mau makan menjadi masalah bagi pemilik kucing. Penyebab kucing tidak mau sedikit sulit diketahui.

Jika lebih mudah bagi orang, kita mungkin tahu mengapa mereka tidak mau memakannya. Nah, jika kucing mereka tidak bisa berbicara bahasa manusia, bukan?

Kucing berbeda dari hewan lain. Anda bisa lebih rentan terhadap penyakit jika Anda tidak makan hanya satu hari.

Mengapa?

Secara umum, pada hewan yang tidak makan, energi yang dihasilkan untuk proses fisiologis tubuh tetap tersedia dengan membakar lemak yang disimpan dalam jaringan tubuh hewan.

Tetapi sangat tidak efisien untuk kucing.

Menurut sumber terpercaya yang kami terima selama proses pembakaran lemak pada kucing, ada perubahan metabolisme yang menyebabkan kerusakan pada jaringan hati, yang bisa disebut lipidosis hati.

Jadi, jika kucing Anda tidak makan, hatinya, seperti fungsi hati manusia, mungkin rusak dan akhirnya kucing itu bisa mati. Aduh, jangan biarkan itu terjadi!


DAFTAR ISI :

Artikel Terkait:  √ Tanda-Tanda Nyeri Pada Kucing

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Berikut ini terdapat beberapa cara mengatasi kucing tidak mau makan, terdiri atas:


  1. Sediakan Beragam Makanan Kucing

Sediakan Beragam Makanan Kucing

Cobalah untuk mengganti makanan kucing Anda dengan pilihan makanan lain. Jika Anda biasanya memberi makan makanan kering, coba ganti makanan basah kaleng dengan makanan kucing. Anda juga bisa mencampur makanan basah dan kering. Namun, Anda harus tahu bahwa terlalu banyak makanan basah untuk kucing Anda dapat menyebabkan pembentukan karang dan iblis yang berlebihan di gigi kucing Anda.


  1. Bawa Makanan Ke Hidungnya

Pancing Nafsu Makan Si Kucing

Terkadang kucing terlalu malas untuk mendekati makanan. Untuk melakukan ini, cobalah mendekatkan makanan ke hidung dan mulut kucing. Metode ini berpotensi membangkitkan selera makannya dan menggoda kucing Anda untuk mendekati makanan dan makan dengan antusias.


  1. Suapi Kucing Anda

Suapi Kucing Anda

Kucing domestik seperti anak-anak yang harus dirawat sebanyak mungkin. Jadi jangan ragu untuk memberi makan kucing Anda jika terlihat lemah dan malas. Ini adalah bentuk kasih sayang Anda untuk kucing peliharaan Anda.

Anda bisa menggunakan sendok kecil, sedotan atau bahkan jarum suntik untuk menyuntikkan makanan ke mulut kucing. Tentu saja, Anda harus menyediakan makanan basah, bukan kering untuk ini. Anda dapat menambahkan air hangat ke pakan untuk meningkatkan kelembutan pakan dan membuatnya lebih mudah bagi kucing untuk menelannya. Beri makan kucing Anda perlahan-lahan agar tidak tersedak.


  1. Berikan Obat Sakit Mulut

Berikan Obat Sakit Mulut

Jika kucing Anda sakit mulut karena tidak mau makan, Anda bisa memberinya obat. Anda tidak perlu khawatir memilih obat, Anda bisa memberikan obat yang biasa Anda gunakan. Misalnya, salep aman dari kanker jika tertelan secara tidak sengaja.


  1. Berikan Vitamin

Berikan Vitamin

Seperti anak kecil yang kesulitan makan, kita biasanya memberi vitamin, dan kucing rumahan juga bisa mendapatkan vitamin tambahan untuk menambah nafsu makan. Anda dapat mencari vitamin di apotek terdekat. Usahakan memilih vitamin untuk anak-anak agar dosisnya lebih tepat. Misalnya, vitamin B kompleks dan lisin, yang meningkatkan nafsu makan dan dapat mencegah virus herpes dan flu kucing secara bersamaan.

Artikel Terkait:  √ Cara Merawat Kucing Persia Umur 2 Bulan

  1. Undang Kucing Anda untuk Bermain

Undang Kucing Anda untuk Bermain

Jangan biarkan kucing Anda bosan, terutama jika Anda baru saja mengadopsinya. Buat kucing Anda bermain dan aktivitas game ini akan membantunya beradaptasi dengan lingkungan baru. Saat kucing Anda merasa senang, nafsu makannya lebih terjaga.


  1. Berikan Tempat yang Nyaman

Berikan Tempat yang Nyaman

Jika kucing diadopsi lebih awal, usahakan menjauhkan kucing dari lingkungan yang membuatnya stres dan tertekan. Usahakan untuk tidak memiliki binatang lain yang terlalu agresif untuknya. Jauhkan dari kucing domestik atau tetangga liar. Berikan juga tempat tidur yang nyaman agar kucing kesayangan Anda lebih tenang.


  1. Bawa Ke Dokter

Bawa Ke Dokter

Jika Anda masih khawatir dengan kondisi kucing Anda, tidak ada salahnya segera membawanya ke dokter hewan. Dokter bisa memberinya makan tabung atau memberi makan tabung langsung ke perut. Jika kucing Anda benar-benar sakit, dokter mungkin juga menyediakan obat atau vitamin yang lebih cocok untuk kesehatan kucing Anda.


  1. Makan Tabung (Tube Feeding)

Feeding tabung adalah jenis makan di mana makanan masuk ke perut kucing melalui tabung khusus. Metode pemberian selang hanya disarankan oleh dokter hewan atau spesialis kucing. Feeding tabung juga hanya ditujukan untuk hewan yang sakit atau tidak mampu menelan atau mengunyah makanan dengan benar. Metode ini juga digunakan pada anak kucing yang tidak dapat menyusui secara langsung atau mengisap dengan dot.


  1. Jangan Mencampur Obat dalam Makanan

Kucing dapat melihat dengan baik apa yang tercampur di dalamnya. Ini karena indera penciuman kucing sangat tajam dibandingkan hewan lainnya. Karena itu, berikan obat secara terpisah dan secara berkala.


Tambahan:

Saya akan menambahkan video untuk cara mengatasi kucing tidak mau makan dengan baik dibawah ini:


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “Kenali! 10 Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan dengan Baik

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Baca Artikel Lainnya: