Alat-Alat Optik

Alat-Alat Optik

Assalammualaikum, selamat pagi dan selamat datang di situs mata pelajaran onlien Buku IPA. Berikut ini Guru IPA akan membahas mata pelajaran Fisika tentang “Alat-Alat Optik“. Berikut pembahasaan materi pelajarannya, sebagai berikut:

Alat-Alat-Optik

Pengertian Alat Optik

Alat optik adalah alat-alat yang salah satu atau lebih komponennya menggunakan benda optik, misalnya cermin, lensa, atau prisma. Alat optik memanfaatkan prinsip pemantulan dan atau pembiasan cahaya. Ada beberapa alat optik antara lain kamera, lup, mikroskop, teleskop, proyektor, dan episkop.


Macam-Macam Alat OptiK dan Fungsinya

Berikut ini terdapat beberapa macam-macam alat optik dan fungsinya, terdiri atas:


  1. Kamera

Kamera adalah alat optik yang berguna untuk menghasilkan gambar melalui proses fotografi, yaitu proses menghasilkan gambar dengan cahaya pada film. Pada kamera terdapat sebuah lensa cembung untuk membiaskan sinar dari benda hingga bayangan yang jatuh di film sebagai layar.


Prinsip kerja kamera

Pelat film berupa celluloid, pelat itu dilapisi gerak bromida dan sangat peka terhadap cahaya. Apabila bayangan objek mengenai pelat film akan tercetak sebagai gambar negatif. Setelah proses pencucian, film dapat dicetak sebagai gambar positif pada kertas foto. Bagian-bagian kamera mekanik menurut kegunaan fisis :

  1.   Lensa cembung berfungsi untuk membentuk bayangan dari benda yang difoto
  2.  Diafragma berfungsi untuk membuat sebuah celah/lubang yang dapat diatur luasnya
  3. Aperture yaitu lubang yang dibentuk diafragma untuk mengatur banyak cahaya
  4. Shutter pembuka/penutup jalan cahaya yang menuju ke pelat film,berfungsi sebagai layar penangkap/perekam bayangan.Setiap benda yang di foto, terletak pada jarak yang lebih besar dari dua kali jarak fokus di depan lensa kamera, sehingga bayangan yang jatuh pada pelat film memiliki sifat nyata, terbalik.

  1. Mata

Salah satu alat optik alamiah yang merupakan salah satu anugerah dari Sang Pencipta adalah mata. Di dalam mata terdapat lensa kristalin yang terbuat dari bahan bening, berserat, dan kenyal. Lensa kristalin atau lensa mata berfungsi mengatur pembiasan yang disebabkan oleh cairan di depan lensa. Cairan ini dinamakan aqueous humor. Intensitas cahaya yang masuk ke mata diatur oleh pupil.


Bagian-Bagian Mata

Terdiri atas:

  • Kornea adalah bagian terluar dari mata.Fungsinya untuk melindungi cahaya serta melindungi lensamata dari bulu-bulu.
  • Iris adalah selaput didepan lensa mata yang membentuk celah lingkaran.Fungsinya memberi warna pada mata.
  • Pupil adalah celah lingkaran yang dibentuk oleh iris.Fungsinya mengatur intensitas xahaya yang masuk kedalam mata.
  • Lensa Mata terbuat dari bahan bening,berserat,elastis,serta berbentuk cembung. fungsinya untuk membentuk bayangan benda.
  • Retina (Selaput Jala) adalah bagian permukaan belakang mata.fungsinya sebagai layar untuk menangkap bayangan yang dibentuk oleh lensa mata.

Cara Kerja Mata

Cahaya yang masuk ke mata difokuskan oleh lensa mata ke bagian belakang mata yang disebut retina. Bentuk bayangan benda yang jatuh di retina seolah-olah direkam dan disampaikan ke otak melalui saraf optik. Bayangan inilah yang sampai ke otak dan memberikan kesan melihat benda kepada mata. Jadi, mata dapat melihat objek dengan jelas apabila bayangan benda (bayangan nyata) terbentuk tepat di retina.


  1. Lup atau Kaca Pembesar

Lup (Kaca Pembesar) dipakai untuk melihat benda-benda kecil agar tampak lebih besar dan jelas. Sebagai alat optik, lup berupa lensa cembung tebal (berfokus pendek). Sifat bayangan yang diharapkan dari benda kecil yang dilihat dengan lup adalah tegak dan diperbesar.


Cara Kerja Lup

Cahaya yang melewati lup membelok ke dalam untuk mengumpul di sebuah titik focus pada sisi kedua lensa. Benda yang diamati diletakkan di ruang 1 sehingga menghasilkan bayangan maya, terbalik.


  1. Mikroskop

Mikroskop berfungsi untuk melihat benda-benda atau organisme yang berukuran sangat kecil.Dengan memakai mikroskop kita dapat mengamati benda atau hewan renik, seperti bakteri dan virus yang tidak dapat dilihat mata secara langsung ataupun dengan memakai lup. Jenis mikroskop mutakhir yang sudah dibuat manusia adalah mikroskup elektron.

Mikroskop cahaya mempunyai bagian utama berupa dua lensa cembung. Lensa yang menghadap benda disebut lensa objektif dan yang dekat ke mata disebut lensa okuler. Jarak fokus lensa objektif lebih kecil dari jarak fokus lensa okuler.

Mikroskop Stereo merupakan jenis mikroskop yang hanya bisa digunakan untuk benda yang berukuran relatif besar. Mikroskop stereomempunyai perbesaran 7-30 kali.

Mikroskop Elektron mempunyai perbesaran sampai 100 ribu kali, elektron digunakan sebagai pengganti cahaya. Mikroskop elektron mempunyai dua tipe, yaitu mikroskop elektron scanning (SEM) dan mikroskop elektron transmisi (TEM).

Mikroskop Fase kontras Adalah mikroskop elektron yang memiliki perbesaran paling tinggi, dapat memperbesar benda sampai 500.000 kali.. Mikroskop ini menggunakan elektron sebagai ganti cahaya pada mikroskop cahaya.


Prinsip Kerja Mikroskop

Lensa obyektif berfungsi guna pembentukan bayangan pertama dan menentukan struktur serta bagian renik yang akan terlihat pada bayangan akhir serta berkemampuan untuk memperbesar bayangan obyek . Lensa okuler, adalah lensa mikroskop yang terdapat di bagian ujung atas tabung berdekatan dengan mata pengamat, dan berfungsi untuk memperbesar bayangan yang dihasilkan oleh lensa obyektif berkisar antara 4 hingga 25 kali. Lensa kondensor, adalah lensa yang berfungsi guna mendukung terciptanya pencahayaan pada obyek yang akan dilihat sehingga dengan pengaturan yang tepat maka akan diperoleh daya pisah maksimal. Jika daya pisah kurang maksimal maka dua benda akan terlihat menjadi satu dan pembesarannyapun akan kurang optimal.


  1. Teleskop

Teropong merupakan alat optik yang digunakan sebagai alat untuk melihat benda yang letaknya ,  Teropong Bumi disebut juga teropong medan.


Prinsip Kerja Teropong

lensa obyektif membentuk bayangan nyata dari sebuah obyek jauh dan lensa okuler berfungsi sebagai lup. Dengan demikian cara mengamati obyek apakah mau dengan cara berakomodasi maupun tidak berakomodasi tergantung dari posisi lensa okulernya. Oleh karena itu jarak antara obyektif dan okuler dapat diubah-ubah. Panjang teropong adalah jarak antara lensa obyektif dan lensa okulernya.


  1. Proyektor LCD

 Proyektor LCD merupakan salah satu jenis proyektor yang digunakan untuk menampilkan video, gambar, atau data dari komputer pada sebuah layar atau sesuatu dengan permukaan datar seperti tembok, dsb. Proyektor jenis ini merupakan jenis yang lebih modern dan merupakan teknologi yang dikembangkan dari jenis sebelumnya dengan fungsi sama yaitu Overhead Projector (OHP) karena pada OHP datanya masih berupa tulisan pada kertas bening.


Prinsip kerja proyektor

Cahaya yang dihasilkan oleh panel-panel dari LCD (Liquid Crystal Display) yang terdiri dari 3 panel yang dipisahkan berdasarkan 3 warna dasar yang biasa di sebut RGB (Red, Green dan Blue).Pancaran cahaya yang keluar dari proyektor tersebut merupakan hasil dari pembiasan ketiga panel LCD tersebut.Kumpulan cahaya yang melalui panel dan dipadukan melalui prisma tersebut kemudian melalui lensa yang dipancarkan pada layar atau media pantul lain sehingga bisa dilihat oleh mata kita sebagai gambar yang sama seperti ada di layar komputer atau device lainnya. Gambar pada proyektor LCD akan lebih tajam dibanding proyektor DLP karena panel LCD yang dipakainya dibiaskan langsung dari lensa ke layar.


Efek Zoom Kamera

Zoom ratio pada kamera menunjukkan berapa besar sebuah kamera dapat mengubah fokus untuk mengambil foto pada jarak jauh. Jika pada kamera tertera zoom ratio 3x, ini berarti kamera tersebut dapat mengubah panjang fokus kamera hingga 3 kali lipat, dari 35 mm sampai 105 mm misalnya. Panjang fokus adalah jarak antara lensa dengan sensor gambar di belakangnya.

Jadi,Dengan menggunakan kemampuan zoom, Anda dapat mengambil gambar obyek dari jarak jauh seperti hewan liar tanpa membuat mereka terusik atau membahayakan Anda.Semakin besar zoom ratio, maka gambar yang Anda peroleh juga akan semakin dekat.


Demikian Pembahasan Materi Mata Pelajaran Fisika Tentang Alat-Alat Optik: Pengertian, Macam, Fungsi dan Efek Zoom dari Bukuipa

Semoga Bermanfaat Bagi Siswa dan Siswi


Baca Artikel Lainnya: