√ Perlengkapan dan Aksesoris untuk Kucing

Assalammualaikum Wr. Wb. Selamat pagi semua para pecinta kucing sedunia. Saya pengasuh kucing di website Rumahkucing.co.id yang akan membagi tips-tips pada kalian untuk merawat, kasih makan, kasih vitamin, memandikan dan-lain-lain. Nah, disini saya akan membagikan buat anda dirumah dengan pembahasan materi “Aksesoris untuk Kucing“. Berikut dibawah ini penjelasan materinya, Check This Out…

Perlengkapan-dan-Aksesoris-untuk-Kucing

Kucing memang hewan yang menggemaskan. Tidak heran banyak orang yang banyak menyukai memeliharanya sebagai teman bermain di dalam rumah. Namun, ternyata apabila kamu memutuskan untuk memelihara seekor hewan ada banyak keadaan yang harus kamu pertimbangkan terlebih dahulu.

Komitmen ialah salah satu keadaan terpenting apabilakamu telah memutuskan ingin memelihara kucing atau hewan peliharaan lainnya. Kamu harus berkomitmen penuh terhadap kenyamanan dan keamanan kucing peliharaanmu. Jadi kamu harus rutin memberinya makan, membawanya ke dokter, mengajaknya bermain, perawatan dan masih banyak lagi hal-hal yang harus dijalankan pada saat memelihara kucing atau hewan lainnya.

Kucing kesayangan kamu akan lebih nyaman apabila kamu menyiapkan peralatan perawatan dan aksesoris bermain. Dan masih banyak berbagai macam aksesoris untuk mempercantik kucing kesayangan Anda yang dijual di petshop sekitar Anda.

Hal yang sudah umum bukan jika melihat kucing yang cantik dan lucu jika memakai aksesoris seperti baju, kacamata dan yang lainnya? Namun, tidak semua kucing peka terhadap apa yang dipakainya, kondisi ini juga membutuhkan waktu untuk melatih kucing supaya dapat berinteraksi kepada pemiliknya dan peka apa yang dia pakai.


Perlengkapan dan Aksesoris Kucing

Berikut ini terdapat beberapa perlengkapan dan aksesoris kucing, terdiri atas:


  1. Kandang Kucing

Kandang Kucing

Kandang kucing juga bisa disebut dengan “Rumah” atau tepat tinggal, kadang kucing juga bisa dijadikan sebagai tempat isolasi saat kucing sedang sakit atau tempat untuk mengawinkannya. Kandang kucing juga terdapat berbagai macam ukuran, ada yang kecil (pet cargo, biasanya tempat ini dipakai saat bepergian, jadi simple untuk dibawa), berukuran sedang, dan besar.

Ada juga yang terbuat dari ayu, besi, dan aluminium. Jika kandang yang berukuran besar disarankan bertingkat, karena kucing bisa leluasa untuk bergerak kemana mana dan kucing akan merasa nyaman. Kandang kucing juga lebih baik dibersihkan minimal 2 hari sekali agar tidak dijadikan sebagai sarang bakteri.


  1. Tempat Tidur Kucing

Tempat Tidur Kucing

Kucing biasanya lebih menyukai tempat tidur yang empuk dan hangat, beraneka ragam tempat tidur yang dijual di petshop, tp banyak juga pecinta kucing yang lebih memilih membuat sendiri. Ada yang terbuat dari fiberglass, rotan, dll. Hal ini dapat memainilisir terhadap kasur atau sofa Anda terhindar dari bulu kucing yang rontok. Usahakan menempatkan tempat tidur ini di tempat yang sejuk dan nyaman bagi kucing kamu.


  1. Tempat Makan Kucing

Tempat Makan Kucing

Ada dua jenis tempat makan kucing yang ditawarkan oleh petshop, yang pertama jenis tempat terpisah, dan yang kedua tempat yang jadi satu, kalau saya sendiri lebih memilih tempat yang jadi satu dengan alasan kepraktisan dan menghemat tempat. Kekurangannya berhubung kucing saya makannya rakus sering kali makanannya berloncatan sampai masuk ke dalam wadah air. Kisaran harganya antara 15 – 35 ribu rupiah, tergantung pada ukuran, bahan dan bentuk.


  1. Tempat Minum Kucing

Tempat Minum Kucing

Pilihan untuk tempat minum kucing adalah tempat dispenser minum, cocok untuk anda yang jarang di rumah atau kalau ditinggal dalam waktu agak lama, sekali pengisian pakan dan minum bisa untuk beberapa hari.


  1. Tempat Menggaruk Kucing

Tempat Menggaruk Kucing

Kebiiasaan alami yang dimiliki kucing adalah menggaruk kuku. Hal ini dilakukan si kucing untuk mengasah kukunya yang tumpul menjadi tajam, namun hal ini kebanyakan pecinta kucing banyak yang sebal karena kucing yang tidak memiliki tempat untuk menggaruk akan menuju sasaran sofa ataupun kasur. Maka berilah tempat menggaruk sebagai tempat untuk mengasah kuku kucing kesayangan Anda, peralatan ini juga tersedia di petshop terdekat rumah Anda.


  1. Tempat Pup Kucing

Tempat Pup Kucing

Di petshop biasanya ada 2 ukuran tempat pup, yang satu ukuran single untuk diletakkan didalam kandang, satu lagi ukuran jumbo untuk diletakkan di luar kandang, untuk yang ukuran jumbo bisa digunakan secara komunal jika kucing anda ada banyak. Kisaran harga mulai dari Rp 15.000 untuk yang ukuran single dan Rp 80.000,- untuk yang ukuran jumbo.

Pilihan lainnya (dan juga penghematan), anda bisa menggunakan baskom plastik, yang harus diperhatikan adalah sesuaikan besar wadah dengan besarnya kucing anda, selain itu pilih wadah yang kuat/solid serta tidak terlalu pendek (minimal tingginya 10 cm) agar tidak mudah rusak dan pasirnya tidak berserakan kemana-mana jika terlalu pendek.


  1. Tempat Sekop Pup Kucing

Tempat Sekop Pup Kucing

Setiap kali kucing selesai pup, secepat mungkin pup dibuang. Selain agar tidak bau dan merusak pemandangan, juga mencegah berkembangnya bakteri/jamur. Sekop pup terbuat dari plastik yang berlobang, fungsi dari lubang tersebut adalah agar tidak banyak pasir yang terangkat, hanya pasir yang melekat pada pup saja yang kita ambil.

Jika tidak bisa menemukan alat ini, bisa diganti dengan alat lain, centong nasi bekas, sendok kayu, atau apapun yang penting bisa dipakai untuk mengambil kotoran. Kotoran kucing yang sehat berbentuk seperti kotoran manusia, lonjong dan keras jadi mudah untuk diambil. Kisaran harga untuk sekop pup antara Rp 15.000 – Rp 25.000,-.


  1. Sisir Kucing

Sisir Kucing

Saya nggak nyangka ternyata kucing pun butuh sisir, dan jenisnya macam-macam pula (lebih centil dari yang punya). Dari berbagai macam jenis tersebut ada 2 macam yang menurut saya harus dimiliki, yang pertama untuk menyisir (bentuknya seperti sisir biasa namun terbuat dari besi), yang kedua untuk membersihkan bulu rontok (bentuknya seperti garukan). Variasi harga mulai dari Rp 15.000,-.


  1. Tempat Bermain Kucing

Tempat Bermain Kucing

Kucing adalah binatang yang aktif dan suka bermain. Nah jika kamu merasa pemeliharayang baik maka berilah kucing kamu mainan seperti laser, bola, boneka tikus, atau mainan yang telah digantung. Hal ini juga harus dilakuan karena kucing juga butuh hiburan, khusnya yang masih kitten.


  1. Tempat Kucing untuk Bepergian atau Bawa Ke Dokter

Tempat Kucing untuk Bepergian atau Bawa Ke Dokter

Ada kalanya kucing kita harus dibawa ke klinik hewan, untuk pemeriksaan kesehatan/ pemberian vaksin, dan kucing biasanya tidak bisa tenang dalam perjalanan tidak seperti anjing yang bisa duduk tenang ketika berada di dalam mobil/ sepeda motor, oleh karena itu kita harus meletakkan kucing di dalam carrier.

Ada banyak jenis carrier yang ditawarkan, ada yang terbuat dari kanvas/ kulit sintetis yang mirip tas jinjing/ punggung, ada juga yang berbentuk kotak terbuat dari plastik yang memang khusus dibuat untuk membawa hewan peliharaan. Dengan kisaran harga 200 ribuan keatas.

Atau kalau mau berhemat seperti saya, bisa menggunakan keranjang klinik yang terbuat dari plastik, yang harus diperhatikan adalah apapun bentuk carrier yang anda pilih pastikan bisa ditutup rapat/ dikunci dan cukup ventilasi untuk kucing anda bernapas.


  1. Kalung Kucing

Kalung Kucing

Tidak lengkap rasanya apabila kucing peliharaanmu tidak diberikan kalung dengan nama dan lonceng sebagai pemanisnya. Apabila kamu menginginkan kalung seperti itu, kamu bisa langsung mencari Kalung Nama Kucing di toko online atau petshop. Produk ini bisa kamu pesan terlebih dahulu agar bisa disesuaikan dengan desain yang kamu mau.


  1. Baju Kucing

Baju Kucing

Bukankah menggemaskan ketika melihat kucing kesayangan kamu memakai baju, perhiasan, dan aksesoris lainnya…? Banyak pecinta kucing yang senang melihat kucing kesangannya didandani layaknya primadona, ada satu hal yang harus kamu perhatikan, yaitu, kamu harus memasitikan si kucing merasa nyaman apabila memakai aksesoris apa yang kamu inginkan.


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “12 Perlengkapan dan Aksesoris untuk Kucing yang Wajib Anda Miliki

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Baca Artikel Lainnya:

4.8/5 - (16 votes)