Panduan Lengkap Jadwal Pelajaran Kurikulum Merdeka SD untuk Pembelajaran Efektif


Panduan Lengkap Jadwal Pelajaran Kurikulum Merdeka SD untuk Pembelajaran Efektif

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensinya.

Dalam kurikulum merdeka, Sekolah diberikan keleluasaan untuk menyusun jadwal pelajaran yang sesuai dengan kondisi dan kekhasan masing-masing sekolah. Dengan demikian, tidak ada format baku untuk jadwal pelajaran kurikulum merdeka SD. Format jadwal pelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik di sekolah tersebut. Namun, secara umum, jadwal pelajaran kurikulum merdeka SD akan mencakup:

  • Alokasi waktu yang lebih fleksibel
  • Pembelajaran berbasis projek
  • Pembelajaran terpadu
  • Penilaian autentik

Jadwal Pelajaran Kurikulum Merdeka SD

Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk menyusun jadwal pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Berikut adalah 9 aspek penting yang perlu dipertimbangkan dalam menyusun jadwal pelajaran Kurikulum Merdeka SD:

  • Fleksibilitas waktu
  • Pembelajaran berbasis projek
  • Pembelajaran terpadu
  • Penilaian autentik
  • Penguatan karakter
  • Ekstrakurikuler
  • Pembelajaran remedial
  • Pembelajaran pengayaan
  • Kolaborasi dengan orang tua

Dengan mempertimbangkan aspek-aspek tersebut, sekolah dapat menyusun jadwal pelajaran yang efektif dan efisien, yang memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan kompetensi dan karakter sesuai dengan profil Pelajar Pancasila.

Fleksibilitas waktu

Fleksibilitas waktu merupakan salah satu aspek penting dalam penyusunan jadwal pelajaran kurikulum merdeka SD. Hal ini dikarenakan kurikulum merdeka memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk mengatur waktu belajar sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Dengan adanya fleksibilitas waktu, sekolah dapat:

  • Menyesuaikan waktu belajar dengan bioritme peserta didik.
  • Memberikan waktu yang cukup bagi peserta didik untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensinya.
  • Menyediakan waktu untuk kegiatan ekstrakurikuler, pembelajaran remedial, dan pembelajaran pengayaan.

Salah satu contoh penerapan fleksibilitas waktu dalam jadwal pelajaran kurikulum merdeka SD adalah dengan menerapkan sistem blok. Sistem blok memungkinkan peserta didik untuk belajar satu mata pelajaran dalam waktu yang lebih lama, misalnya 2-3 jam. Dengan sistem ini, peserta didik dapat lebih fokus dan mendalami konsep yang dipelajari.

Fleksibilitas waktu dalam jadwal pelajaran kurikulum merdeka SD memberikan banyak manfaat, antara lain:

  • Meningkatkan efektivitas pembelajaran.
  • Meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
  • Memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengembangkan bakat dan minatnya.

Dengan demikian, fleksibilitas waktu merupakan aspek penting yang perlu dipertimbangkan dalam penyusunan jadwal pelajaran kurikulum merdeka SD.

Pembelajaran berbasis projek

Pembelajaran berbasis projek merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang banyak digunakan dalam kurikulum merdeka SD. Pembelajaran berbasis projek menekankan pada proses belajar melalui pengalaman nyata, di mana peserta didik terlibat aktif dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sebuah projek.

  • Fokus pada pemecahan masalah

    Projek yang diberikan kepada peserta didik haruslah berorientasi pada pemecahan masalah. Peserta didik diajak untuk mengidentifikasi masalah, menganalisisnya, dan mencari solusi yang tepat.

  • Pendekatan interdisipliner

    Pembelajaran berbasis projek seringkali melibatkan beberapa mata pelajaran sekaligus. Hal ini memungkinkan peserta didik untuk melihat keterkaitan antar mata pelajaran dan menerapkan pengetahuan mereka secara lebih komprehensif.

  • Keterlibatan aktif peserta didik

    Dalam pembelajaran berbasis projek, peserta didik tidak hanya menjadi objek pembelajaran, tetapi juga subjek pembelajaran. Mereka terlibat aktif dalam seluruh proses pembelajaran, mulai dari perencanaan hingga evaluasi.

  • Pengembangan keterampilan abad ke-21

    Pembelajaran berbasis projek membantu peserta didik mengembangkan keterampilan abad ke-21, seperti berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kerja sama.

Pembelajaran berbasis projek sangat sesuai dengan prinsip kurikulum merdeka yang menekankan pada pengembangan kompetensi dan karakter peserta didik. Melalui pembelajaran berbasis projek, peserta didik dapat mengembangkan kompetensi dan karakternya secara holistik.

Pembelajaran terpadu

Pembelajaran terpadu merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang banyak digunakan dalam kurikulum merdeka SD. Pembelajaran terpadu menekankan pada keterkaitan antar mata pelajaran, sehingga peserta didik dapat memahami konsep secara lebih komprehensif dan holistik.

  • Keterkaitan konsep

    Dalam pembelajaran terpadu, konsep-konsep dari berbagai mata pelajaran dikaitkan satu sama lain. Hal ini memungkinkan peserta didik untuk melihat keterkaitan antar mata pelajaran dan memahami konsep secara lebih mendalam.

  • Tema sebagai pengikat

    Pembelajaran terpadu biasanya menggunakan tema sebagai pengikat antar mata pelajaran. Tema dipilih berdasarkan minat dan kebutuhan peserta didik, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan relevan.

  • Pendekatan holistik

    Pembelajaran terpadu menekankan pada pendekatan holistik, di mana peserta didik tidak hanya belajar konsep secara teoritis, tetapi juga melalui pengalaman nyata dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Pengembangan keterampilan abad ke-21

    Pembelajaran terpadu membantu peserta didik mengembangkan keterampilan abad ke-21, seperti berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kerja sama.

Pembelajaran terpadu sangat sesuai dengan prinsip kurikulum merdeka yang menekankan pada pengembangan kompetensi dan karakter peserta didik secara holistik. Melalui pembelajaran terpadu, peserta didik dapat mengembangkan kompetensi dan karakternya secara lebih komprehensif dan mendalam.

Penilaian autentik

Penilaian autentik merupakan salah satu aspek penting dalam kurikulum merdeka SD. Penilaian autentik adalah penilaian yang menilai peserta didik berdasarkan tugas-tugas yang mencerminkan kemampuan dan pengetahuan yang sebenarnya. Tugas-tugas ini biasanya berupa projek, presentasi, portofolio, atau tugas-tugas lainnya yang menunjukkan kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilannya dalam situasi yang nyata.

Penilaian autentik sangat penting dalam kurikulum merdeka SD karena dapat memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang kemampuan peserta didik dibandingkan dengan tes tradisional. Penilaian autentik juga dapat membantu peserta didik untuk belajar lebih dalam dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah.

Dalam penyusunan jadwal pelajaran kurikulum merdeka SD, perlu diperhatikan alokasi waktu yang cukup untuk penilaian autentik. Hal ini dikarenakan penilaian autentik biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan tes tradisional. Selain itu, perlu juga disediakan waktu untuk memberikan umpan balik yang efektif kepada peserta didik atas hasil penilaian autentik.

Dengan mempertimbangkan aspek-aspek tersebut, penilaian autentik dapat menjadi bagian yang integral dari jadwal pelajaran kurikulum merdeka SD dan membantu peserta didik untuk mengembangkan kompetensi dan karakter sesuai dengan profil Pelajar Pancasila.

Penguatan karakter

Penguatan karakter merupakan salah satu aspek penting dalam kurikulum merdeka SD. Penguatan karakter bertujuan untuk mengembangkan nilai-nilai luhur pada peserta didik, seperti kejujuran, tanggung jawab, kemandirian, dan gotong royong.

Dalam jadwal pelajaran kurikulum merdeka SD, penguatan karakter dapat diintegrasikan ke dalam berbagai mata pelajaran. Misalnya, dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, peserta didik dapat belajar tentang nilai-nilai luhur melalui cerita rakyat atau teks-teks bacaan. Dalam mata pelajaran Matematika, peserta didik dapat belajar tentang nilai tanggung jawab dan kejujuran melalui soal-soal cerita yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu, penguatan karakter juga dapat dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler, seperti pramuka, PMR, atau kegiatan keagamaan.

Penguatan karakter sangat penting dalam kurikulum merdeka SD karena dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan karakter yang kuat dan berakhlak mulia. Karakter yang kuat akan menjadi bekal bagi peserta didik untuk menghadapi tantangan hidup dan menjadi warga negara yang baik.

Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler merupakan kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran yang dilaksanakan di sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler bertujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, dan minat peserta didik. Dalam kurikulum merdeka SD, kegiatan ekstrakurikuler menjadi bagian penting dalam jadwal pelajaran.

Ada beberapa alasan mengapa ekstrakurikuler penting dalam kurikulum merdeka SD. Pertama, ekstrakurikuler memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengembangkan minat dan bakatnya. Melalui ekstrakurikuler, peserta didik dapat mengeksplorasi berbagai bidang yang tidak diajarkan dalam mata pelajaran reguler, seperti olahraga, seni, musik, atau teknologi. Kedua, ekstrakurikuler membantu peserta didik mengembangkan keterampilan sosial dan emosional. Melalui kegiatan ekstrakurikuler, peserta didik belajar bekerja sama dalam tim, berkomunikasi secara efektif, dan menyelesaikan masalah. Ketiga, ekstrakurikuler membantu peserta didik mengembangkan karakter. Melalui kegiatan ekstrakurikuler, peserta didik belajar nilai-nilai penting seperti sportivitas, kerja keras, dan tanggung jawab.

Dalam menyusun jadwal pelajaran kurikulum merdeka SD, sekolah perlu mengalokasikan waktu yang cukup untuk kegiatan ekstrakurikuler. Sekolah juga perlu menyediakan fasilitas dan dukungan yang diperlukan untuk kegiatan ekstrakurikuler. Dengan demikian, kegiatan ekstrakurikuler dapat menjadi bagian integral dari kurikulum merdeka SD dan membantu peserta didik berkembang secara optimal.

Pembelajaran remedial

Pembelajaran remedial merupakan salah satu bentuk layanan pendidikan yang diberikan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Pembelajaran remedial bertujuan untuk membantu peserta didik memahami materi pelajaran yang belum dikuasai dan mengejar ketertinggalan mereka.

  • Tujuan pembelajaran remedial

    Tujuan pembelajaran remedial adalah untuk membantu peserta didik memahami materi pelajaran yang belum dikuasai dan mengejar ketertinggalan mereka. Pembelajaran remedial dapat diberikan secara individual atau kelompok, dan biasanya dilaksanakan di luar jam pelajaran reguler.

  • Manfaat pembelajaran remedial

    Pembelajaran remedial memiliki banyak manfaat, antara lain:

    • Membantu peserta didik memahami materi pelajaran yang belum dikuasai
    • Mengejar ketertinggalan dalam pembelajaran
    • Meningkatkan motivasi belajar
    • Membangun rasa percaya diri
  • Jenis-jenis pembelajaran remedial

    Terdapat berbagai jenis pembelajaran remedial, antara lain:

    • Pembelajaran remedial individual
    • Pembelajaran remedial kelompok
    • Pembelajaran remedial berbasis komputer
    • Pembelajaran remedial berbasis online
  • Pembelajaran remedial dalam kurikulum merdeka

    Dalam kurikulum merdeka, pembelajaran remedial merupakan salah satu bentuk layanan pendidikan yang dapat diberikan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Pembelajaran remedial dapat dilaksanakan secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan sekolah.

Pembelajaran remedial merupakan bagian penting dari jadwal pelajaran kurikulum merdeka SD. Dengan memberikan pembelajaran remedial, sekolah dapat membantu peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran di kelas untuk memahami materi pelajaran yang belum dikuasai dan mengejar ketertinggalan mereka.

Pembelajaran pengayaan

Pembelajaran pengayaan merupakan salah satu bentuk layanan pendidikan yang diberikan kepada peserta didik yang telah mencapai atau melampaui standar kompetensi yang ditetapkan. Pembelajaran pengayaan bertujuan untuk mengembangkan potensi dan bakat peserta didik yang memiliki kemampuan lebih.

  • Tujuan pembelajaran pengayaan

    Tujuan pembelajaran pengayaan adalah untuk mengembangkan potensi dan bakat peserta didik yang memiliki kemampuan lebih. Pembelajaran pengayaan dapat diberikan secara individual atau kelompok, dan biasanya dilaksanakan di luar jam pelajaran reguler.

  • Manfaat pembelajaran pengayaan

    Pembelajaran pengayaan memiliki banyak manfaat, antara lain:

    • Mengembangkan potensi dan bakat peserta didik
    • Memberikan tantangan belajar yang lebih sesuai
    • Meningkatkan motivasi belajar
    • Membangun rasa percaya diri
  • Jenis-jenis pembelajaran pengayaan

    Terdapat berbagai jenis pembelajaran pengayaan, antara lain:

    • Pembelajaran pengayaan berbasis projek
    • Pembelajaran pengayaan berbasis minat
    • Pembelajaran pengayaan berbasis bakat
    • Pembelajaran pengayaan berbasis teknologi
  • Pembelajaran pengayaan dalam kurikulum merdeka

    Dalam kurikulum merdeka, pembelajaran pengayaan merupakan salah satu bentuk layanan pendidikan yang dapat diberikan kepada peserta didik yang memiliki kemampuan lebih. Pembelajaran pengayaan dapat dilaksanakan secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan sekolah.

Pembelajaran pengayaan merupakan bagian penting dari jadwal pelajaran kurikulum merdeka SD. Dengan memberikan pembelajaran pengayaan, sekolah dapat membantu peserta didik yang memiliki kemampuan lebih untuk mengembangkan potensi dan bakat mereka.

Kolaborasi dengan orang tua

Dalam implementasi Kurikulum Merdeka, kolaborasi dengan orang tua memegang peranan penting. Orang tua memiliki peran yang tidak terpisahkan dari pendidikan anak, termasuk dalam hal penyusunan jadwal pelajaran.

  • Memahami kebutuhan anak
    Orang tua memiliki pemahaman yang baik tentang kebutuhan dan karakteristik anak mereka. Dengan melibatkan orang tua dalam penyusunan jadwal pelajaran, sekolah dapat memperoleh informasi yang berharga untuk menyesuaikan jadwal agar sesuai dengan kebutuhan belajar anak.
  • Mendukung pembelajaran di rumah
    Kolaborasi dengan orang tua juga memungkinkan adanya dukungan pembelajaran di rumah. Orang tua dapat membantu anak dalam memahami materi pelajaran, mengerjakan tugas, dan memantau perkembangan belajar anak. Dengan adanya jadwal pelajaran yang jelas dan transparan, orang tua dapat menyesuaikan kegiatan di rumah untuk mendukung proses pembelajaran anak.
  • Meningkatkan komunikasi dan keterlibatan
    Penyusunan jadwal pelajaran secara kolaboratif dengan orang tua dapat meningkatkan komunikasi dan keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak. Orang tua dapat memberikan masukan, saran, dan ide terkait jadwal pelajaran yang efektif untuk anak mereka.

Dengan membangun kolaborasi yang kuat dengan orang tua, sekolah dapat menciptakan jadwal pelajaran yang optimal, sesuai dengan kebutuhan anak, dan mendukung proses pembelajaran yang efektif.

Pertanyaan Umum tentang Jadwal Pelajaran Kurikulum Merdeka SD

Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas bagi sekolah dalam menyusun jadwal pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan terkait dengan jadwal pelajaran Kurikulum Merdeka SD:

Pertanyaan 1: Apakah terdapat format baku untuk jadwal pelajaran Kurikulum Merdeka SD?

Tidak, tidak ada format baku untuk jadwal pelajaran Kurikulum Merdeka SD. Sekolah diberikan keleluasaan untuk menyusun jadwal pelajaran yang sesuai dengan kondisi dan kekhasan masing-masing sekolah.

Pertanyaan 2: Apa saja aspek penting yang perlu dipertimbangkan dalam menyusun jadwal pelajaran Kurikulum Merdeka SD?

Ada 9 aspek penting yang perlu dipertimbangkan dalam menyusun jadwal pelajaran Kurikulum Merdeka SD, yaitu fleksibilitas waktu, pembelajaran berbasis projek, pembelajaran terpadu, penilaian autentik, penguatan karakter, ekstrakurikuler, pembelajaran remedial, pembelajaran pengayaan, dan kolaborasi dengan orang tua.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara menerapkan fleksibilitas waktu dalam jadwal pelajaran Kurikulum Merdeka SD?

Fleksibilitas waktu dapat diterapkan dalam jadwal pelajaran Kurikulum Merdeka SD dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menerapkan sistem blok. Sistem blok memungkinkan peserta didik untuk belajar satu mata pelajaran dalam waktu yang lebih lama, misalnya 2-3 jam.

Pertanyaan 4: Apa manfaat pembelajaran berbasis projek dalam Kurikulum Merdeka SD?

Pembelajaran berbasis projek dalam Kurikulum Merdeka SD memiliki banyak manfaat, antara lain meningkatkan efektivitas pembelajaran, meningkatkan motivasi belajar peserta didik, dan memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengembangkan bakat dan minatnya.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara mengintegrasikan penguatan karakter dalam jadwal pelajaran Kurikulum Merdeka SD?

Penguatan karakter dapat diintegrasikan ke dalam berbagai mata pelajaran dalam jadwal pelajaran Kurikulum Merdeka SD. Misalnya, dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, peserta didik dapat belajar tentang nilai-nilai luhur melalui cerita rakyat atau teks-teks bacaan.

Pertanyaan 6: Mengapa kolaborasi dengan orang tua penting dalam penyusunan jadwal pelajaran Kurikulum Merdeka SD?

Kolaborasi dengan orang tua dalam penyusunan jadwal pelajaran Kurikulum Merdeka SD penting karena orang tua memiliki pemahaman yang baik tentang kebutuhan dan karakteristik anak mereka. Dengan melibatkan orang tua, sekolah dapat memperoleh informasi yang berharga untuk menyesuaikan jadwal agar sesuai dengan kebutuhan belajar anak.

Dengan memahami pertanyaan dan jawaban umum ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang penyusunan jadwal pelajaran Kurikulum Merdeka SD.

Artikel terkait:

  • Pengertian Kurikulum Merdeka SD
  • Prinsip-Prinsip Kurikulum Merdeka SD

Tips Menyusun Jadwal Pelajaran Kurikulum Merdeka SD

Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas bagi sekolah dalam menyusun jadwal pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu sekolah dalam menyusun jadwal pelajaran Kurikulum Merdeka SD yang efektif:

Tip 1: Libatkan seluruh pemangku kepentingan

Libatkan guru, kepala sekolah, orang tua, dan peserta didik dalam proses penyusunan jadwal pelajaran. Dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, sekolah dapat memperoleh masukan dan perspektif yang berbeda, sehingga jadwal pelajaran yang dihasilkan dapat mengakomodasi kebutuhan semua pihak.

Tip 2: Pertimbangkan karakteristik peserta didik

Pertimbangkan karakteristik peserta didik, seperti gaya belajar, minat, dan kebutuhan khusus, dalam menyusun jadwal pelajaran. Hal ini akan membantu sekolah menciptakan jadwal pelajaran yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan peserta didik.

Tip 3: Terapkan fleksibilitas waktu

Terapkan fleksibilitas waktu dalam jadwal pelajaran untuk memberikan ruang bagi pembelajaran yang lebih mendalam dan terdiferensiasi. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan sistem blok, di mana peserta didik belajar satu mata pelajaran dalam waktu yang lebih lama, atau dengan memberikan waktu tambahan untuk mata pelajaran tertentu yang membutuhkan lebih banyak waktu.

Tip 4: Integrasikan pembelajaran berbasis projek

Integrasikan pembelajaran berbasis projek ke dalam jadwal pelajaran untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan kontekstual bagi peserta didik. Pembelajaran berbasis projek dapat diintegrasikan ke dalam berbagai mata pelajaran dan memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21, seperti berpikir kritis, kreativitas, dan kerja sama.

Tip 5: Kolaborasikan dengan orang tua

Jalin kolaborasi dengan orang tua dalam penyusunan jadwal pelajaran. Orang tua dapat memberikan masukan tentang kebutuhan dan karakteristik anak mereka, sehingga sekolah dapat menyusun jadwal pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar setiap peserta didik.

Dengan mengikuti tips-tips ini, sekolah dapat menyusun jadwal pelajaran Kurikulum Merdeka SD yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Jadwal pelajaran yang efektif akan mendukung proses pembelajaran yang optimal dan membantu peserta didik mencapai hasil belajar yang maksimal.

Kesimpulan

Penyusunan jadwal pelajaran Kurikulum Merdeka SD merupakan aspek penting dalam implementasi kurikulum. Dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, mempertimbangkan karakteristik peserta didik, menerapkan fleksibilitas waktu, mengintegrasikan pembelajaran berbasis projek, dan berkolaborasi dengan orang tua, sekolah dapat menyusun jadwal pelajaran yang efektif dan mendukung proses pembelajaran yang optimal bagi peserta didik.

Kesimpulan

Penyusunan jadwal pelajaran Kurikulum Merdeka merupakan aspek krusial dalam implementasinya. Dengan mempertimbangkan kebutuhan dan karakteristik peserta didik, menerapkan fleksibilitas waktu, mengintegrasikan pembelajaran berbasis projek, serta berkolaborasi dengan orang tua, sekolah dapat menyusun jadwal pelajaran yang efektif.

Jadwal pelajaran yang efektif akan mendukung tercapainya tujuan pembelajaran Kurikulum Merdeka, yaitu mengembangkan peserta didik yang memiliki kompetensi dan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Oleh karena itu, penyusunan jadwal pelajaran yang tepat menjadi tanggung jawab bersama seluruh pemangku kepentingan di sekolah.

Youtube Video: